7 Lokasi syuting film seindah negeri dongeng

Apabila kita menonton film, tak jarang kita disuguhkan pemandangan indah dari beberapa adegan dalam film tersebut, dimana tempat tersebut memiliki keindahan seindah negeri dongeng. Beberapa ada yang rekayasa digital komputer dan beberapa ada yang real alias tempat yang penuh dengan pemandangan paling indah dan seindah negeri dongeng tersebut benar benar ada. Dan Karena keindahannya, tempat tersebut dijadikan lokasi syuting film film beken. Berikut 7 tempat lokasi syuting film seindah negeri dongeng.



1. Zhangjiaje National Forest Park
Film Avatar (2009)
Zhangjiaje National Forest Park  Avatar (2009)
Masih ingat film Avatar yang menampilkan efek visual yang super keren planet Pandora?? tak heran apabila mahakarya yang ditulis sekaligus distradarai oleh James Cameron ini meraih 3 Oscar, walaupun banyak menggunakan teknologi dalam menghasilkan gambarnya, tampilan film tersebut tetap mengambil berbagai referensi dari alam. Salah satu ternyata yang menjadi inspirasi film terlaris sepanjang masa ini adalah Zhangjiaje National Fores Park, Cina. Di hutan luas yang dilindungi UNESCO tersebut terdapat Southern Sky Column yaitu pilar batu pencakar langit setinggi 1080 meter yang bagian atasnya ditumbuhi pepohonan. Menara raksasa ini sungguh luar biasa, seperti hutan kecil di atas awan. Di dalam film ini dibuat pegunungan melayang yang menyerupainya. 
Dengan meledaknya film Avatar, pengelola Zhangjiaje National Forest Park memutuskan mengubah nama Southern Sky Column menjadi Avatar Hallelujah Mountains, kemudian muncul pula promosi wisata seperti Magical tour to Avatar Pandora dan Miracle tour to Avatar's folating mountain. Di tempat seindah negeri dongeng di Zhangjiaje National Forest Park, Cina ini kita dapat menyaksikan ajaibnya gunung melayang seperti dalam film Avatar.


2. Norwegia
Film Frozen (2013)
Norwegia Film Frozen (2013)
Ketika Disney ingin menggarap film animasi musikal Frozen tahun 2013 yang diadaptasi dari dongeng The Snow Queen oleh Hans Christian Andersen. Demi mewujudkan visual negeri es yang mengagumkan dan terasa real, mereka pun hunting lokasi dan pilihan jatuh kepada Norwegia yang terdapat area bersalju yang cukup luas.
Pada bulam Maret 2012, pihak Disney traveling ke sana untuk riset. Mereka menemukan landscape serta keunikan culture yang menakjubkan. Pemandangan di Norwegia pun dituangkan art director Michael Giaimo beserta tim ke dalam animasi. Salah satunya adalah wilayah pegunungan di Roros dengan tebing tebing curam serta lembah yang tertutupi salju, begitu kita melihatnya kita akan langsung ingat bahwa pemandangan tersebut menjadi referensi suasan alam di film Frozen, sementara kerajaan Arendelle dan bangunan istananya terinspirasi dari Kastil Stiftsgarden serta area Bryggen yang juga merupakan cagar budaya UNESCO.



3. Verona, Italia
Film Letters to Juliet (2010) 
Verona, italia
Verona merupakan kota di Italia dengan sederet bangunan bersejarah ini dikenal sebagai kotanya Romeo & Juliet. Sebenarnya ada 3 kisah Shakespeare yang menjadikan Verona sebagai latar cerita, namun kisah Romeo & Juliet lah yang paling fenomenal. Menurut legenda, kisah percintaan tragis ini terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi di kota ini.
Casa di Giulietta atau Juliet House yang dulunya kediaman keluarga Dal CaPello yang katanya adalah keluarga Juliet asli adalah lokasi wisata yang sangat populer, balkon menjadi ikon dari bangunan yang berdiri pada abad 13 ini. Sebab menurut cerita, disitulah Juliet dirayu oleh Romeo yang menanti dibawah. Rumah yang menjadi tempat syuting film Letters to Juliet tahun 2010 tersebut juga merupakan museum yang memajang berbagai benda yang terkait dengan cerita Romeo & Juliet. Suasana Verona sendiri seolah membawa kita ke masa Shakespeare, bangunan bangunan bergaya renaissance dan baroque berdiri megah, tempat ini juga menjadi lokasi syuting film Romeo & Juliet tahun 2013 yang dibintangi oleh Hailee Steinfeld.


4. Alexander farm, New Zealand
Film Lord of the Rings & The Hobbit trilogy
alexander farm
Ketika tim produksi yang dipimpin oleh sutradara Peter Jackson hendak mengangkat kisah dari novel epic The Lord of The rings ke layar lebar, merek di tantang untuk mewujudkan setting middle earth rekaan J.R.R Tolkien yang luar biasa. Dan pilihan tersebut jatuh pada New Zealand yang terkenal dengan keindahan alamnya. Tempat bernama Alexander Farm ini dijadikan desa tempat tinggal pada Hobbit alias The Shire.
Peternakan sapi dan domba seluas 500 hektar ini memang sangat asri, langit biru cerah memayungi hamparan padang rumput yang sangat hijau berbukit bukit. Persis seperti ilustrasi di buku cerita anak anak. Supaya semakin terasa seperti desa Hobbit, kawasan ini pun dirubah, tak tangung tangung, tentara New Zealand turun tangan membantu mewujudkan rumah rumah dan suasana desa The Shire. Pembangunan dimulai pada Maret 1999 dan syuting berlangsung di penghujung tahun, hasilnya film trilogi dengan total biaya produksi nyaris mencapai 300 juta dollar tersebut sukses berat.


5. Angel Falls, Venezuela
Film Up (2009)
angel falls
Film hasil kolaborasi Disney dan Pixar ini menceritakan mengenai seorang pria tua bernama Carl pergi ke sebuah lokasi menakjubkan yang disebut Paradise Falls. Untuk dapat tiba di tempat itu ia pergi dengan cara yang sangat unik yakni dengan balon yang digantungkan ke rumahnya. Diceritakan bahwa Paradise Falls terletak di sebuah hutan di Amerika Selatan, namun pada kenyataannya tempat menakjubkan itu didasarkan dari sebuah lokasi ternama dunia yakni Angel Falls, Canaima National Park, Venezuela.
Untuk mendapatkan gambaran dari air terjun yang sangat indah maka Direktur film animasi Up mengunjungi secara langsung lokasi di dunia nyata yang juga memiliki air terjun indah tersebut, itulah Angel Falls.


6. The Dark Hedges, Irlandia Utara
Game of Thrones
the dark hedges
Semenjak dijadikan lokasi syuting film Game of Thrones, mendadak jalanan ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan dunia. Jalan yang berada di Desa Stranocum, Armoy, Irlandia Utara ini memang terlihat sangat menyeramkan. Konon pohon yang tumbuh di tepi jalan tersebut berasal dari abad ke-18 yang berarti telah berumur lebih dari 200 tahun.
Masyarakat Irlandia Utara menyebut Bregagh Road sebagai The Dark Hedges. Pemandangan akan semakin menyeramkan jika musim gugur tiba. Daun-daun pohon beech akan berguguran dan menyisakan ranting-ranting gersang yang misterius. Ditambah dengan kabut putih tebal menjadikan suasana di sepanjang jalan itu menjadi kian mencekam. Saat musim gugur tiba, berjalan di sepanjang Bregagh Road serasa sedang berjalan di dalam lorong menuju dunia lain. Makin mistis lagi dengan hadirnya berbagai cerita hantu yang berkembang di masyarakat sekitar. Lain halnya saat musim salju tiba, jalanan dan ranting pohon akan tertutup salju putih menciptakan suasana yang indah bak di negeri dongeng. Bagi traveler pecinta fotografi menilai jalan ini sama indahnya baik saat musim gugur atau musim dingin.


7. Candi Prambanan, Indonesia
Film  After the Dark (2013)
candi prambanan
Film ini menceritakan tentang 20 mahasiswa sebuah sekolah internasional di Jakarta. Film yang juga dikenal dengan judul The Philosopher ini mengisahkan sekelompok mahasiswa filsafat yang terlibat dalam simulasi ekstrim, yaitu memilih 10 orang diantara mereka yang akan menempati bungker khusus. Bungker ini dirancang oleh sang dosen, Mr. Zimit (James D’Arcy) untuk ditempati manusia saat terjadi bencana nuklir ke depannya. Mereka yang tidak lolos harus dibunuh, daripada mati karena radiasi nuklir. Film ini dibintangi oleh Cinta Laura.
Film yang bergenre fantasy ini memang berlokasi syuting di Indonesia. Uniknya film ini menampilkan lokasi lokasi wisata Indonesia. Seperti candi Borobudur, candi Prambanan dan Gunung Semeru. Ini cukup mewakilkan Indonesia dalam mempromosikan diri kepunyaannya lewat film Hollywood. Dalam pembuatan film ini memang tidak terang terangan dan memang menjauh dari awak media. Dan kebetulan berkerjasama sama dengan stasuin televisi swasta Indonesa, yaitu SCTV. 



sources:
http://www.tahupedia.com/content/show/465/10-Tempat-Nyata-Di-Dunia-Yang-Menjadi-Inspirasi-Film-Disney
http://beautynesia.id/2648
http://traveltriangle.com/blog/fictional-places-that-you-can-visit/
http://www.panorama-tours.com/blog/5-lokasi-syuting-film-dunia-paling-indah.htmlhttps://theamazingmovie.wordpress.com/2013/02/08/cinta-laura-di-the-philosophers/
http://travelingyuk.com/bregagh-road/4108/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments