7 Tempat wisata unik melihat matahari terbit dan tenggelam

7 Tempat wisata unik melihat matahari terbit dan tenggelam

Umumnya wisata yang menarik untuk melihat matahari terbit ataupun tenggelam adalah di tepi pantai dan mendaki gunung, eitss, jangan salah, untuk menikmati keindahan sunrise ataupun sunset, kita ga harus mendaki gunung kan, dan jika kita mencari suasana berbeda pada liburan kali ini, kita bisa memilih destinasi wisata unik terlebih lagi dilengkapi dengan keindahan saat fajar menyingsing atau saat matahari terbit.
menarik bukan. Nah, beberapa tempat wisata menarik di bawah ini akan memanjakan anda dengan keindahan keindahan alam yang disungguhkan tersendiri..., yap tempat wisata unik melihat matahari terbit dan tenggelam.



1. Wisata Alam Kalibiru, Yogyakarta
Kalibiru
Kita ke Daerah Istimewa Yogyakarta, wisata berikutnya terletak di bukit menoreh desa Kalibiru, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Di tempat ini kita akan disuguhkan pemandangan sekitar bukit menoreh dan waduk sermo yang sangat indah, dan yang lebih eksotis lagi adalah ketika kita terpesona oleh pemandangan matahari terbit di Wisata Alam Kalibiru. Ga percaya!!! gooogling aja, eh bukan ding, langsung otw aja...

2. Omah Kayu, Malang
omah kayu
Omah Kayu Malang atau Rumah Pohon Paralayang terletal di kawasan Obyek Wisata Gunung Banyak, Desa Pandesari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Dimana Gunung Banyak ini merupakan tempat yang terkenal sebagai lokasi untuk wisata Batu Paragliding atau Paralayang Batu Malang. Dari pusat Kota Malang berjarak sekitar 30 km atau berkendara butuh waktu sekitar 1 jam. Tidak hanya itu saja, beberapa objek menarik lainnya adalah air Terjun Coban Rondo, Wisata Songgoriti, Air Terjun Supit Urang, Coban Sewu dan Air Terjun Sumber pitu Pujon. 


Salah satu keunikannya yang disajikan adalah saat kita melihat keindahan kota batu dengan jelas, baik dalam waktu malam hari atau siang hari. Karena lokasi Rumah Pohon ini di sebelah barat Kota Batu yag terletak di Puncak Perbukitan atau Gunung yang mengitari Kota Batu. Pada malam hari jika cuaca cerah tanpa kabut, Anda bisa melihat keindahan kerlap kerlip lampu di seluruh Kota Batu yang sangat indah, pagi harinya anda bias melihat indahnya matahari terbit dan suasana alam pegunungan dan alam yang sejuk dan  dingin.




3. Gardu Pandang Tieng, Dieng
Gardu pandang tieng
Tempat Wisata Gardu pandang Tieng merupakan sebuah bangunan yang terletak di tepi jalan raya di Kawasan Dieng. Bangunan ini dijadikan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan di Kawasan Dieng yang sangat indah. Pemandangan dari spot ini sangat menarik terutama pada saat pagi hari yaitu pada waktu matahari terbit/sunrise. Gardu Pandang di Dieng ini memiliki ketinggian sekitar 1700 dpl. Dari tempat ini anda dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang, serta hamparan lahan pertanian milik masyarakat yang terlihat subur.


4. Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta
kebun buah mangunan
Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata yang terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Tempat yang ada di ketinggian 150-200 meter diatas permukaan laut ini dapat memanjakan mata kita karena bisa melihat pemandangan pegunungan seribu, selain itu sebagian kota bantul juga terlihat, Pantai Parangtritis juga dapat terlihat samar-samar jika cuaca sedang bagus, dan juga pemandangan Sungai Oyo yang berkelok-kelok bentuknya. Dan yang paling mengagumkan adalah saat melihat matahari terbit di gardu pandang yang berada di Kebun Buah Mangunan.


5. Sunset di Rindu Alam Singkawang
Rindu alam Singkawang
Rindu Alam adalah obyek wisata alam di Kalimantan Barat yang berupa sebuah bukit yang berlokasi tidak jauh dari pantai. Dari atas bukit ini, kita dapat melihat pantai Pasir Panjang, pantai Pasir Pendek, tanjung Bajau dan juga pantai Bajau dengan jelas. Selain itu, pulau-pulau seperti pulau Simping, pulau Randayan dan juga pulau Kabung menjadi penghias keindahan pemandangan dari atas bukit ini. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan kota Singkawang dengan melihat ke arah bagian kanan pantai. Beberapa gazebo dibangun dipinggiran bukit untuk bersantai.
Sore hari merupakan saat  yang tepat untuk menyejukan hati melihat keindahan matahari terbenam di ujung laut Natuna.

6. Puncak Suroloyo, Yogyakarta
puncak suroloyo
Puncak Suroloyo merupakan area pncak pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulon Progo DI. Yogyakarta. Di Puncak Suroloyo terdapat beberapa gardu pandang yang bisa dijadikan tempat menyaksikan landskap nan indah. Untuk mencapai gardu pandang tersebut kita harus berjalan kaki mendaki ratusan anak tangga yang dipayungi pohon-pohon rindang. Meski melelahkan, semuanya akan terbayar lunas saat tiba di puncak. Wisatawan dapat melayangkan pandang ke segala penjuru, menikmati perbukitan dan lembah menghijau serta deretan gunung-gemunung nan gagah.


7. Tebing Keraton, Bandung
Tebing Keraton
Tujuan tempat wisata untuk melihat matahari terbit yang terakhir terdapat di Kota Bandung, Bandung memang sudah terkenal akan keindahan pemandangan alamnya, dan di Tebing Keraton kita akan dimanjakan oleh pemandangan perbukitan Obyek dan pemandangan landscape Kota Bandung yang hijau,indah, dengan dikelilingi hutan pohon pinus yang menyejukan.
Lokasi obyek wisata Tebing Keraton ini bisa dibilang masih di dalam kota. Hanya berjarak 6.5 kilometer dari Terminal Dago. Tapi karena kondisi jalannya yang kurang bagus, waktu tempuh yang dibutuhkan cukup lama. Dan sayangnya, belum ada kendaraan umum yang menjangkau tempat ini.

Demikian 7 Tempat Wisata unik melihat matahari terbit dan tenggelam,  Yap, klo penasaran langsung otw aja, backpacker berburu sunrise.. Sekian, semoga selamat sampai tujuan dan selalu berhati hati.


referensi:
http://wisatamalangbatu.com/
https://panwis.com/jawa-tengah/
http://biz.kompas.com/
http://piknikasix.blogspot.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Rindu_Alam

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

8 comments

Wah semua pada bagus sekali tempatnya saya sendiri saja jadi bingung nih mau milih yang mana untuk jadi yang terbaiknya.

Balas

Melihat sunrise dan sunset sekali-kali gak mesti di pantai atau dilaut oke juga tuh mas di omah kayu, malang. keren nih bisa sambil tiduran mandangin pohon dan sejuknya rindangan pohon

Balas

Recommended banget nich tempat....!!! kapan ya bisa berkunjung kesana...

Balas

omah kayu, gue banget. hehehe biasa lewat daerah itu kang, soalnya saya dari malang. salam satu jiwa deh.

Balas

Wuih indah banget ya, ada tempat khusus buat melihat sunrise.

Balas

Jadi pengen ketempat-tempat itu mas biar bisa lihat matahari terbit atau terbenam. Pastinya bakalan jadi momen yang paling indah buat diabadikan :)

Balas

Omah kayu malang sepertinya unik banget nuansa alam

Balas

Tebing keraton bandung ekrem tuh kang gimana kalau ada temen yang jail dan jorokin kkita ke jurang :D point pertama keren tuh. jadgo yang ngambil foto nya..

Balas