10 Tips hemat keuangan mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa adalah bagaimana mengatur keuangan agar lebih irit dan lebih hemat. Karena otomatis orang tua akan menganggap ketika kita sudah kuliah, kita harus bisa lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan keuangan kita. Agar kita dapat berhemat isi dompet kita, tak ada salhnya menyimal beberapa tips hemat mengatur keuangan mahasiswa berikut ini, 10 Tips mengatur keuangan mahasiswa, 10 Tips hemat keuangan mahasiswa


10 Tips hemat keuangan mahasiswa


1. Bagi prioritas
Kita perlu membagi dan menyusun prioritas, ketika dapat uang bulanan dari orang tua, kita harus memisahkan ke dalam pos pos. Misalnya, untuk keperluan kampus, transportasi dan jajan. Jangan sampai karena kita belanja baju baru, jadi tak bisa beli buku untuk tugas kuliah.


2. Pinjam buku senior
Kita harus belajar bergaul, khususnya ke senior. Ada banyak keuntungan kalau kita dekat dengan senior. Salah satunya kita bisa meminjam buku mereka. Dosen biasanya tak perduli buku siapa yang kita bawa ke kampus, yang penting kita punya buku untuk belajar.


3. Fotokopi materi kuliah
Kadang dosen suka meminta kita untuk membeli dan membawa buku tertentu ke kampus, pas di cek di toko buku, harganya ternyata mahal. Tak perlu khawatir, kita bisa meminjam ke teman atau senior yang punya buku tersebut untuk difotokopi, tapi hasil fotokopinya jangan diperjualbelikan.


4. Survei tempat fotokopi
Selama masa kuliah, pasti kita banyak menggunakan jasa yang satu ini. Untuk menghemat pengeluaran, kita perlu tahu tempat fotokopi mana yang murah di sekitar kampus, dan jangan ragu untuk survei dahulu. Tanyakan ke senior atau orang orang sekitar kampus.


5. Berburu diskon
Ada beberapa tempat, toko ataupun restoran yang menyediakan promo diskon khusus mahasiswa. Caranya tinggal tunjukkan kartu mahasiswa kita, lumayan buat menghemar biaya makan, hehe


6. Bawa bekal ke kampus
Selain untuk fotokopi, banyak uang jajan kita yang akan terkuras untuk masalah perut. Aktivitas kampus dan tugas yang banyak akan menguras energi dan membuat kita jadi sering lapar. Saatnya kita membawa bekal sendiri. Bawa bekal sendiri akan membuat pengeluaran kita terjaga.

7. Cari pekerjaan sampingan
Sebagai mahasiswa, waktu belajar kita lebih fleksibel karena kita bisa mengatur jadwal kuliah sendiri. Dengan begitu, kita bisa mengambil part time job atau kerja sampingan yang tentunya akan menambah uang saku kita. Ada banyak tempat yang menyediakan lowongan kerja bagi mahasiswa untuk part time atau kerja sampingan.


8. Bangun koneksi
Selain belajar dengan giat, rajin dan tekun. Masa kuliah adalah saat kita harus membangun koneksi. Bangunlah beberapa koneksi dengan dosen, senior, teman seangkatan dan junior. Di masa yang akan datang kelak mereka punya proyek kerjaan yang bisa kita lakukan dan menguntungkan. Punya koneksi yang banyak akan membantu kita di kemudian hari.


9. Ikuti seminar gratisan
Di kampus, pasti sering diadakan acara seminar. Jangan malas untuk mengikutinya. Selain mendapatkan ilmu tambahan, koneksi pun bisa terjalin pada beberapa seminar, bahkan seminar yang gratisa pun biasanya menyediakan makanan ringan atau snack secara gratis pula.


10. Tahan godaan
Paling penting untuk menghemat pengeluaran adalah menahan godaan dan menguasai diri. Saat kuliah, godaan untuk jalan jalan dan menghabiskan uang pasti lebih besar. Apalagi kalau kita berteman dengan shopaholic atau orang yang hobi jalan dan berbelanja. Di saat inilah, saatnya belajar untuk mengusai diri. Tak perlu ikut ikutan menjadi shopaholic, jalan dan berbelanja sebutuhnya saja.

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments