Sejarah Film Zombie

Sejarah Film Zombie, Menelusuri jejak film zombie
7 Film zombie rekomended

Dalam dunia perfilman, setiap tahun pasti ada film zombie yang dirilis di pasaran. Ide cerita dan kemasan zombie yang selalu lebih kreatif dan segar dari sebelumnya menjadikan tren film zombie tak ada matinya. Apalagi penggemar film zombie sangatlah banyak dan terkenal loyal dan setia. Dilihat dari sejarahnya, seperti inilah jejak film zombie, sejarah film zombie, menelusuri jejak film zombie.


1. Film Zombie pertama dalam sejarah
White zombie 1932
Tahun 1932, sutradara Edward Halperin dan Victor Halperin (Halperin bersaudara) memiliki ide untuk membuat film bertema zombie. Mereka terinspirasi dari pementasan broadway berjudul Zombie yag dibintangi oleh Kenneth webb. Setelah mendapat dana dan penulis naskah, mereka pun membuat film zombie pertama dalam sejarah yang diberi judul White Zombie (1932).
Tahun 1941, film zombie dibuat lagi, kali ini berjudul King of the Zombie yang bergenre horror, dan King of the Zombie yang bergenre komedi, namun dua film tersebut punya kesamaan karakter. Zombie dalam film hanyalah sekedar pembantu manusia. Orang orang mati yang menjadi bahan uji coba ilmiah dengan tujuan untuk dihidupkan lagi dan dijadikan budak. Peran peran zombie ini di film hanya untuk membantu para tokoh manusia, bukan peran solid yang memiliki karakter.


2. Zombie modern
Tahun 1968, sutrada Amerika Kanada, George A. Romero membuat film zombie yang berjudul Night of the Living Dead dengan zombie yang lebih berkarakter. Zombie modern ini bisa berpikir dan bertindak sesuai pikiran mereka. Mereka juga memakai baju layaknya manusia seperti jas, gaun, seragam kerja dan lain sebagainya.
Film zombie modern dikemas dalam format hitam putih ini menginspirasi sineas lainnya untuk membuat karakter zombie serupa. Sepanjang tahun 70-an, banyak film zombie bermunculan seperti Children Shouldn't Play With Dead Things (1972) dan Garden of the Dead (1972). Tahun 1978 George Romero kembali membuat film zombie, kali ini dengan format berwarna, berjudul Dawn of the dead. Film ini sukses besar di pasaran karena punya alur cerita menarik dan zombie yang berkarakter kuat. Film ini menjadi kiblat film film zombie yang muncul di tahun tahun berikutnya.



3. Karakter zombie
Tahun 80-an adalah masa kejayaan film zombie, banyak sineas membuat figur zombie dengan jauh leih kreatif dan menarik. Begitu pula alur cerita filmnya yang semakin bervariasi. Zombie tak lagi bertema horror, tapi juga komedi, drama dan action. Beberapa film zombie sukses yang lahir pada periode 80-an antara lain Dead and Buried (1981), The Evil Dead (1981) Day of the Dead (1985) dan The Dead Next Door (1988). Walau ceritanya berbeda beda film film zombie ini membentuk karakter zombie yang sama, yakni zombie yang berasal dari mahluk mati, zombie bukanlah kanibal karena mereka hanya memakan daging mahluk hidup, bukan daging sesama zombie, dan satu satunya cara mengalahkan zombie zombie tersebut adalah dengan menembak atau menghancurkan kepalanya. Karakter karakter zombie yang seperti inilah yang kemudian menjadi pakem karakter zombie di film film berikutnya.


4. Masa depan film zombie
Dengan karakter zombie yang lebih variatif dan didukung dengan teknologi perfilman yang semakin canggih, film film zombie semakin populer di tahun 90-an hingga sekarang. Para sutradara semakin kreatif memainkan karakter zombie. Sutradara Inggris Danny Boyle membuat terobosan dengan film 28 days later, dimana zombie yang ditampilkan berkarakter lebih kuat,  lebih pintar, lebih cepat dan lebih ganas. Bukan lagi mayat hidup yang berjalan lambat dengan kaki diseret.
Segmentasi penonton film zombie juga semakin luas, banyak juga film zombie untuk anak anak dengan karakter zombie lebih sederhana yang tidak menyeramkan. Seperti Zombieland (2009) yang dibintangi oleh Emma Stone dan Warm Bodies (2013) yang dibintangi oleh Nicholas Hoult. Film zombie banyak yagn diadaptasi dari komik, novel dan game. Seperti game Resident Evil yang dibuat hingga 6 sekuel. Tak hanya film, banyak juga cerita zombie yang diadaptasi menjadi serial tv seperti The Walking Dead dan yang lebih baru lagi, iZombie.



7 Film zombie rekomended


1. Zombieland (2009)
zombieland
Zombieland dibintangi oleh Emma Stone , Jesse Eisenberg, Woody Harrelson dan Abigail Breslin. Dan disutradarai oleh Ruben Fleicher. Film zombie yang bercerita tentang 4 manusia yang masih hidup ini mencoba bertahan hidup di dunia yang sudah penuh dengan zombie. Ada kisah percintaan dalam film zombie yang satu ini, tegang dan unsur komedi nya pun segar untuk ditonton semua kalangan.


2. World War Z (2013)
world war z
Film World War Z disutradarai oleh Marc Foster dan dibintangi oleh Brad Pitt. Alur cerita dari film World War Z ini cukup menarik karena seorang Gerry Lane (Brad Pitt) berusaha memerangi para zombie yang sudah membuat dunia seolah menjadi neraka. Pada akhirnya Garry menemukan cara melawan para zombie zombie tersebut dengan cara yang cukup unik.


3. Dawn of the Dead (2004)
dawn of the dead
Dawn of the Dead  merupakan film zombie yang sangat laris. Film ini disutradarai oleh Zack Snyder. Ketegangan dan kisah horror dalam film ini sangat kuat terasa. sayangnya film ini bukan untuk semua kalangan.


4. Shaun of the Dead (2004)
shaun of the dead
Shaun of the Dead  disutradari oleh Edgar Wright dan dibintangi oleh Simon Pegg. Berbeda dengan film zombie lainnya, film zombie yang satu ini bergenre komedi yang akan membuat kita terpingkal melihat aksi Simon Pegg dan Nick Frost dalam menyelamatkan keluarga dan kekasihnya dari kejaran zombie.


5. Hotel Transylvania (2012)
Hotel Transylvania
Hotel Transylvania merupakan film zombie animasi untuk semua kalangan. Disutradarai oleh Genndy Tartakovsky. Film zombie yang satu ini terbilang cukup laris dengan meraup keuntungan mencapai 1.7 triliun rupiah.


6. Warm Bodies (2013)
warm bodies
Warm Bodies disutradari oleh Jonathan Levine dan dibintangi oleh Nicholas Hoult dan Teresa Palmer. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama dan banyak mendapat review yang baik dari para pengamat film. Kisah percintaan antara manusia dan zombie membuat film ini cukup laris di pasaran.


7. Train to Busan (2016)
train to busan
Film zombie yang terakhir berasal dari Korea Selatan. Film ini disutradari oleh Yeon Sang-ho. Ketegangan dan drama dalam film zombie yang satu ini begitu kuat, hingga kita sangat menikmatinya di setiap menitnya. Konflik yang terjadi diantara manusia yang bertahan hidup di dalam sebuah kereta api dan kisah perjuangan seorang ayah demi menyelamatkan anaknya dari serangan zombie membuat film ini sukses besar di pasaran.


sources:
https://seetawrites.wordpress.com/tag/sejarah-film-zombie/
http://kumpulan-berita-unik.blogspot.co.id/2014/05/film-zombie-paling-laris-sepanjang-sejarah.html
http://id.wikipedia.org

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments