7 Konser artis dunia yang unik dan keren

Setiap musisi pasti punya cara tersendiri dalam memberikan penampilannya buat para penggemar setianya. Sederet cara unik dan keren pun sering dipakai saat konser demi memberi kesan berbeda di setiap performance atau konsernya.
Deretan konser berikut ini akan membuat kita terpukau karena memiliki konsep konser yang kreatif, unik dan keren. Berikut 7 Konser artis dunia yang unik dan keren.




1. Konsep glow in the dark, Coldplay 
coldplay
Dalam pertunjukaan sebuah konser, lighting memang jadi salah satu jadi faktor pendukung yang penting. Tapi hal ini terlihat berbeda di beberapa konser Coldplay. Beberapa kali band asal Inggris ini malah memanfaatkan suasana gelap saat konser. Seperti halnya saat konser Viva La Vida (2008-2010), band beranggotakan Chris martin, guy Berryman, Jonny Buckland dan Will Champion ini menggunakan confetti berbentuk kupu kupu yang membawa suasana glow in the dark. Tiga tahun kemudian, mereka menggelar konser Xylo Myloto (2011-2012) dan memberikan gelang yang dilengkapi dengan lampu LED kecil untuk setiap penonton, dan gelang pun akan menyala mewarnai gelapnya konser.


2. Konsep face unknown, SIA, Gorillaz, Daft Punk 
SIA
Band Gorrilaz yang dibentuk oleh pentolan BLUR, Damon Albarn di tahun 1998 lalu memang punya konsep yang unik, yaitu sebuah band yang anggotanya terdiri dari empat tokoh animasi. Tak heran bila band beraliran alternative rock ini selalu manggung dalam bentuk animasi, termasuk saat mereka konser.
Musisi lainnya yaitu Daft Punk yang juga punya konsep yang serupa. duo Prancis ini memang identik dengan memakai helm yang dilengkapi lampu LED. Mereka bahkan juga tidak pernah berbicara setiap kali tampil. Kalaupun mereka tampil tanpa helm helmnya, mereka lebih memilih buat hadir dalam bentuk animasi.
Sementara SIA, punya cara tersendiri. Di beberapa penampilannya, penyanyi lagu Chandelier ini sering tampil dengan rambut atau headpiece yang menutupi sebagian wajahnya, atau bahkan membelakangi penonton dan menjadikan sang dancer atau grup paduan suara sebagai main performer-nya.



3. Konsep parade kostum, Katy Perry, Beyonce
katy parry
Di konsernya yang berjudul On the Run tahun 2014 lalu, Beyonce sempat 11 kali berganti kostum. Mulai dari memakai folral hot pants, studded denim hingga lace jumpsuit, dihadirkan oleh penyanyi R&B ini di konsernya.
Penyanyi lainnya yang punya konsep serupa adalah Katy Perry, di konser California Dream Tour (2011), penyanyi bernama asli Katheryn Elizabeth Hudson itu bahkan berganti baju dengan menggunakan trik sulap, seperti saat ia berjalan masuk ke sebuah ruang ganti baju dan keluar dengan kostum baru hanya dalam hitungan detik, atau saat sang dancer membantu Katy Perry dengan mengguyurnya menggunakan potongan kertas dan dalam sekejap penyanyi lagu Dark House tersebut sudah memakai kostum lainnya. Bahkan Katy Perry bisa berganti kostum hingga 4 kali.


4. Konsep super stage, Lady Gaga
lady gaga
Tak cuma terkenal dengan kostumnya yang berbeda dengan lainnya, termasuk soal konsep panggung yang diusung di salah satu konsernya, Born This Way (2012-2013). Cewek nyentrik ini mengangkat tema kastil Gothic di abad pertengahan. Panggung Born This Way punya beberapa menara, ukiran ukiran yang rumit dan catwalk yang besar, agar Lady Gaga bisa berinteraksi dengan para Little Monsters (sebutan untuk para penggemar lady Gaga).


5. Konsep Playing on stage, BIGBANG, Steve Aoki
bigbang
Bermain di atas panggung juga bisa jadi konsep tersendiri buat beberapa musisi, contohnya adalah BIGBANG sempat berkeliling stage menggunakan sepeda dan segway yang dibawanya.
Steve Aoki juga punya treatment seru yang sangat berbeda untuk para penontonnya. Musisi electro house ini biasa melemparkan kue ke arah para penggemarnya, "setiap DJ memiliki cara tersendiri buat menyatu dengan penontonnya, kue adalah senjataku dan saat akan melempar kue, aku biasanya memilih orang yang punya energi lebih dan berteriak paling keras," katanya.


6. Konsep visual fiksi ilmiah, GWAR
gwar
Band ini berdiri sejak 1984. Band ini mendapat julukan sebagai shock rock band karena selalu menemukan hal-hal tidak terduga di atas panggung. Dengan mengusung konsep visual fiksi ilmiah, anggota band ini tampil dengan mengenakan pakaian perang tentara barbar interplanet. Dalam setiap penampilan, Gwar selalu menyemprotkan cairan darah palsu yang terbuat dari air dan pewarna makanan ke penonton.


7. Konsep Hologram
hologram
Hologram bisa menciptakan apapun itu di atas panggung, contohnya ketika Tupac tampil di festival musik Coachella bersama Snoop Dogg dan Dr. Dre. Para penonton dibuat terkejut dengan sebuah teknologi yang bernama hologram. Teknologi ini menjadi media baru bagi publik untuk berbagi pengalaman salah satunya di bidang musik. Band Gorillaz asal Inggris juga sebetul-nya sudah melakukan ini sejak awal, namun belakangan teknologi ini memang semakin maju dan mulai banyak juga yang menggunakan seperti halnya idol virtual Hatsune Miku atau Egoist yang berasal dari Jepang.
Atau jangan lupa, misalnya, ketika di konser American Idol 2007, Celine Dion tampil membawakan “If I Can Dream”. Siapakah musisi yang dibuatkan hologramnya? Ya, Elvis Presley. Saking canggihnya, bahkan si raja rock n roll ini terlihat begitu nyata!


sources:
http://b-sides.tv/opinion/20140520-7-coolest-concert-gimmicks
https://konsaato.wordpress.com/2016/03/10/inilah-6-konser-yang-paling-keren-di-indonesia/
http://www.anakregular.com/2015/07/7-rock-band-paling-aneh-di-dunia.html
https://jurnal.konserku.com/2017/01/31/konser-hologram-era-baru-industri-konser-musik/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments