7 Tips agar tidur Anda nyenyak dan lebih lelap

Bagi Anda yang susah tidur, mendapati tidur yang nyenyak dan lelap adalah sebuah kebutuhan dan termasuk merupakan syarat untuk hidup yang sehat. Bila Anda ingin tidur Anda nyenyak dan lelap tanpa ada gangguan apapun dan bisa bangun pagi dengan kondisi badan lebih sehat, cobalah 7 tips agar tidur Anda nyenyak dan lebih lelap berikut ini


7 Tips agar tidur Anda nyenyak dan lebih lelap

1. Tidur selama 7 jam sehari
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Shawn Youngstedt, professor di Arizone State University Phoenix, Amerika Serikat, waktu tidur yang ideal adalah selama 7 jam sehari. Menurutnya, orang yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam akan berpengaruh kepada kesehatan fisik dan emosional mereka pada keesokan harinya.


2. Matikan lampu saat tidur
Ahli biologi asal Amerika Serikat, Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubtuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker. Selain membantu memproduksi hormon kekebalan tubuh, mematikan lampu saat tidur akan membuat kita cepat terlelap.

3. Jauhkan Smartphone dari jangkauan 
Selain membuat kita tergoda untuk browsing semapi larut malam, smartphone ternyata juga akan mengganggu kita di saat tidur. Menurut penelitian Harvard Medical School, Amerika Serikat, sinar dari smartphone akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Selain itu bermain smartphone sebelu tidur dapat menyebabkan sakit kepala dan pandangan yang menjadi buram. Soalnya posisi leher jadi tegang dan jarak antara mata dengan smartphone terlalu dekat, belum lagi radiasiyang berbahaya.


4. Jangan makan berat sebelum tidur
Makan sebelum tidur membuat perut kita terasa kenyang dan kembung sehingga tidak nyaman untuk berbaring tidur. Selain itu, penelitian oleh University of Loannina, Yunani juga menemukan bahwa tidur setelah makan bisa meningkatkan resiko stroke, oleh karena itu sebaiknya makanlah minimal 4 jam sebelum tidur.


5. Kurangi asupan kafein
Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Wayne State University Amerika Serikat mengatakan bahwa kafein akan membuat pikiran lebih segar di malam hari dan menyebabkan kita susah untuk tidur. Jadi disarankan untuk minum kopi atau yang mengandung kafein lainnya maksimal pukul 5 sore agar malamnya bisa tidur nyenyak dan lebih lelap.


6. Olahraga
Sesibuk apaun kita, sisihkan waktu untuk berolahraga setiap harinya. Bisa dengan jogging, bersepeda atau olahraga simpel lainnya. Menurut National Sleep Foundation, Amerika Serikat, orang yang rutin melakukan olahraga setiap hari akan tidur lebih nyenyak. Karnea tubuh kita sudah otomatis bersiap untuk istirahat setelah aktivitas olahraga tersebut. 


7. Berwudhu sebelum tidur
Dimana ini adalah anjuran dari ajaran Islam, yang merupakan perintah dari Nabi Muhammad Shallahu alaihi wa sallam. Dengan berwudhu maka badan menjadi segar sebelum tidur. 
Berwudhu sebelum tidur bermanfaat untuk merilekskan otot sebelum tidur. Pada siang hari, aktivitas yang dilakukan sangatlah padat dan melelahkan.
Bahkan secara psikologis, seseorang yang telah melakukan wudlu sebelum tidur, akan nampak lebih rileks, badan terasa segar, suasana hati menjadi lebih baik, serta yang pasti tubuh menjadi lebih bersih.


sources:
http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2015/12/15-tips-tidur-cepat-di-malam-hari.html

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments