5 Hantu yang dipercaya pembawa keberuntungan

Sebagian orang percaya bahwa ada mahluk halus yang bisa membawa keberuntungan terlebih bagi mereka yang memiliki usaha ataupun satu keinginan tertentu. Salah satunya yaitu punya usaha yang sukses dan bisa menghasilkan banyak keuntungan pasti jadi impian semua orang. Tapi kalau usaha tersebut ternyata jadi laris manis karena meminta "bantuan" mahhluk gaib, pasti bisa membuat orang lain merinding. Percaya atau tidak, berikut 5 Hantu yang dipercaya pembawa keberuntungan



1. Zashiki Warashi
zashiki warashi
Jepang tak hanya terkenal dengan manga dan kebudayaanya, tetapi juga hantu dan kisah misterinya. Meskipun kebanyakan hantu Jepang berwajah seram dan berperilaku jahat, ada juga hantu Jepang yag terkenal membawa keberuntungan, yaitu Zashiki Warashi. Hantu ini pernah masuk dalam serial anime Nube. Meskipun tak sepopuler Sadako ataupun Kappa, hantu ini banyak dipercaya masyarakat Jepang.
Zashiki Warashi awalnya berasal dari legenda Ugetsu Monogatari. Kabarnya hantu ini seringkali memiliki penampakan seperti anak kecil, berjenis kelamin laki laki atau perempuan, atau remaja cewek yang camtik. Biasanya dia akan datang untuk mengambil atau meminta makanan kepada manusia. Makanan yang sering diminta biasanya kue beras atau makanan yang dijual di toko atau kedai si pedagang.
Setelah hantu itu mendapat makanan dan pergi, biasanya manusia yang memberinya makan akan laris manis, versi lain menyebutkan apabila ada seseorang yang dapat melihat mahluk tersebut maka dia akan beruntung.


2. Hantu Peludah
hantu peludah
Hantu penglaris yang satu ini sangat populer di Asia seperti Jepang, Tionghoa, Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia sendiri, hantu peludah merupakan urban legend yang terkenal, terutama di dunia usaha kuliner.
untuk dapat meminta bantuan hantu yang termasuk bangsa jin ini, pedagang harus mendatangi paranormal untuk mendapatkan hantu tersebut di tempat usahanya. Hantu peludah biasanya "dimanfaatkan" oleh para pedagang makanan agar dagangan mereka laku. Makanan atau minuman yang akan dijual biasanya dibiarkan terlebih dahulu. Tujuannya agar hantu tersebut bisa mendekati barang dagangan dan meludahinya. Dengan air liur dari hantu tersebut, makanan yang dijual akan terasa enak dan kita jadi ingin membeli terus. Kabarnya, di Indonesia sendiri, hantu ini seringkali digunakan "jasanya". Katanya kalau makanan atau dagangan yang mereka jual di bawa pulang dan tidak disantap di tempat, rasa makanan berubah menjadi tidak enak.


3. Jin
jin
Jin juga diyakini membawa keberuntungan. Di Arab, jin lebih sering diartikan sebagai pengganggu manusia. Tapi sebagian orang masih percaya bahwa jin membawa keberuntungan karena memiliki wujud dan kemampuan yang beragam.
Dalam kebudayaan Idonesia yang paling kental dengan dunia mistis, jin seringkali diminta bantuannya dalam upacara dan ritual sehari hari. Dalam beberapa mitos dan legenda kebudayaan Indonesia, jin juga sering disebut sebut, misalnya di legenda Candi Prambanan dan kisah Ratu Pantai Selatan.
Tidak hanya itu, jin adalah mahluk gaib yang sering kali diminta oleh manusia untuk menghasilkan kekayaan. Dengan beberapa imbalan yang dijanjikan, biasanya jin mau berkerja sama dengan manusia. Misalnya mereka harus mengadakan ritual khusus sebelum melakukan permintaan. Di Indonesia, pada kebudayaan Jawa misalnya, ritual tersebut sering disebut sebagai pesugihan, dimana manusia meminta bantuan kepada jin untuk membuat usaha menjadi laris dan kaya. Apabila manusia tersebut melanggar janji, maka dia akan mengalami musibah atau bahkan kematian.



4. Hantu tahun baru
hantu tahun baru
Hantu ini hanya ada di India tepatnya di bagian Selatan India. Hantu ini sangat unik karena hanya menampakkan diri pada saat tahun baru saja. Apa hantu juga pengen merayakan tahun baru?
Menurut kepercayaan masyarakan India Selatan, hantu ini adalah hantu jelmaaan dari seorang anak kecil yang dulunya hidup kelaparan hingga meninggal. Namun, sebelum ajal menjemput, anak kecil yang kelaparan itu berjanji kalau ia bisa hidup lagi maka ia akan menolong siapapun orang yang kelaparan di negaranya. Jadi, hantu ini bukanlah hantu yang suka menakut-nakuti orang, justru hantu ini suka menolong orang, terutama orang yang kelaparan. Benar-benar hantu yang baik hati dan peduli. Mungkin manusia perlu banyak belajar dari sifat hantu ini.
Bicara mengenai mitos hantu, pasti hubungannya adalah dengan hal-hal yang menyeramkan dan mengerikan. Namun jangan berprasangka buruk dulu dengan hantu ini. Hantu ini memiliki mitos yang unik. Konon, siapapun yang melihat hantu ini pada saat tahun baru di India, maka ia akan mendapat keberuntungan hingga setahun kedepan. Pantas saja banyak orang India yang berharap dan ingin sekali bertemu dengan hantu tahun baru ini. Kalau biasanya orang-orang beramai-ramai pesta kembang api, di sana orang-orang beramai-ramai menanti hantu. Mitos yang benar-benar aneh dan membuat kita geleng-geleng kepala. Namun, memang hingga kini hantu ini masih dipercaya bisa membawa keberuntungan.


5. Hanako
hanako
Hanako sebenarnya merupakan nama yang cukup lama terkenal untuk nama seorang perempuan Jepang, dan pernah menjadi legenda di masa lalu. Ada yang mengatakan hantu Hanako baru akan muncul jika seseorang yang akan melihatnya sedang mengalami ketakutan. Keberadaan Hanako sama sekali tidak membahayakan jiwa dan tidak suka meneror dengan rasa dendam. Ia hanya mahluk halus yang hanya sekedar muncul untuk menunjukkan eksistensinya dan menjadi hantu masa kini yang ditakuti anak anak. Orang yang melihatnya, paling hanya akan lari terbirit birit, dan Hanako tidak akan mengejarnya.
Ada yang menyebutkan jika hantu Hanako aslinya adalah sosok yang baik, bahkan mau menolong siapa saja yang tengah dalam masalah dan selalu disebut si pembawa keberuntungan.


note:
Dalam Islam, tidak ada yang namanya hantu tetapi jin atau setan yang sengaja menakut-nakuti dan membuat manusia terjerumus pada hal-hal yang syirik. Coba pikirkan kembali, bagaimana caranya ‘hantu’ dapat membawa keberuntungan?

sources:
http://hantupedia.com/hantu-tahun-baru-pembawa-berkah-orang-orang-berharap-melihatnya/
http://duniabaca.com/kisah-zashiki-warashi-hantu-jepang-pembawa-keberuntungan.html
https://www.wattpad.com/275491550-hantu-itu-ada-ghost-story-hantu-jepang-hanako
http://www.faktakah.com/2016/09/omg-misteri-hantu-peludah-yang_12.html

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments