11 Istilah asing dalam dunia kopi

Kopi merupakan minuman yang setiap orang pasti pernah menikmatinya, terlebih bagi para pecinta kopi, kopi merupakan sebuah gaya hidup baik di perkotaan maupun di desa. Bagi yang belum banyak mengenal tentang istilah istilah kopi, berikut 11 Istilah asing dalam dunia kopi
Saat masuk ke Coffe Shop atau kedai kopi atau suatu kafe yang penuh dengan menu sajian kopi, kita sering bingung membaca menunya?? Jenis oenyajian kopi memang banyak macamnya, nah biar ga bingung lagi, berikut 11 Istilah asing dalam dunia kopi menurut penyajiannya.



1. Espresso
kopi espresso
Espresso merupakan bubuk kopi yang diberi air dengan tekanan tinggi. Hasilnya bubuk kopi menjadi liquid berwarna hitam keemasan yang pekat dan tekstur yang caramelized. Espresso disajikan dalam gelas shot karena rasanya yang kuat.


2. Doppio
kopi doppio
Biasanya Doppio lebih dikenal dengan double shot espresso, persis seperti espresso, namun Doppio disajikan dengan takaran lebih banyak. Umumnya doppio juga diletakkan di cangkir kecil.


3. Macchiato
kopi Macchiato
Macchiato biasanya disajikan di cangkir kecil. Dasar komposisinya adalah espresso yang dicampur milk foam dengan perbandingan 1:1. Seiring perkembangan jaman, Macchiato sering kali disajikan dalam keadaan dingin dengan bahan bahan yang lebih bervariasi.


4. Affogato
affogato
Merupakan cara menyajikan espresso dengan macam varian, di beberapa kafe Affogato sering kali disajikan bersama ice cream dan gulali.



5. Ristretto
kopi ristretto
Dalam bahasa Italia, Ristretto berarti restricted atau terbatas. Sesuai dengan namanya, penggunaan air di kopi jenis ini lebih dibatasi daripada espresso, makanya Ristretto punya rasa yang lebih kuat dan pekat.


6. Americano
kopi americano
Americano adalah jenis kopi hitam yang dibuat dari espresso dan air panas. Untuk membuatnya, espresso diletakkan di cup, baru dituangkan air panas dan kopi jenis Americano ini tidak berampas.


7. Long Black
long black
Mirip dengan Americano, tapi espresso pada long black dituangkan ke gelas setelah air panas. Warna hitam keemasan akan tampak pada long black coffe. Sementara pada Americano, warna keemasannya tak terlihat.


8. Marocchino
marrochino
Jenis kopi yang satu ini akan keluar di cangkir kecil seperti macchiato, bahan bahannya adalah espresso, air panas dan hot chocolate. Karena ada hot chocolate di dalamnya, kita tidak akan merasa pahit ketika mencicipi kopi yang satu ini.


9. Piccolo latte
picollo latte`
Buat yang ingin menikmati secangkir coffe latte dalam ukuran kecil, Piccolo latte boleh jadi pillihan. Tapi karena Piccolo latte disajikan di cangkir yang lebih kecil daripada coffe latte biasanya, rasa kopinya jadi lebih kuat.


10. Coffe latte
coffe latte
Coffe latte adalah campuran 1/3 espresso dan 2/3 steamed milk dan milk foam setinggi 1 cm. Biasanya, ada hiasan atau lukisan di bagian atas kopi yang disebut dengan latte art. Karena latte artinya susu, otomatis rasa kopinya lebih ringan daripada cappuccino.


11. Cappuccino
kopi cappuccino
jenis kopi yang ini pasti sudah tak asing lagi di telinga kita, Cappuccino terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 steamed milk dan 1/3 milk foam. Seringkali ada taburan cinnamon di bagian atas Cappuccino.


sources:
http://www.kopiterbaik.com/?q=content/istilah-dalam-dunia-kopi
http://food.detik.com/read/2016/01/20/092915/3122443/297/istilah-populer-di-dunia-kopi-ini-perlu-diketahui-pencinta-kopi

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments