10 Tren hobi yang bisa menjadi peluang usaha

Tentu kita memiliki suatu hobi tersendiri, dan kadang kala kita tidak menyadari bahwa hobi yang kita gemari dan geluti itu bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menghasilkan. Karena memang rata rata semua hobi bisa menghasilkan bila di geluti dengan serius dan tekun dalam mengembangkan hobi tersebut. Dan di zaman era digital sekarang ini, banyak berkembang hobi hobi baru yang selalu berhubungan dengan media sosial, disitulah kita bisa mempromosikan hobi kita lewat media sosial. Berikut 10 Tren hobi yang menjadi peluang usaha. 



1. Fashion Influencer
fashion influencer
Sekarang ini banyak banget Fashion Influencer yang sukses lewat media sosial contohnya saja seperti Anaz Siantar dan Olivia Lazuardy, merek disebut sebut sebagai Fashion Influencer karena menginspirasi orang lewat gaya berbusana mereka. Seorang Fashion Influencer terkadang bisa juga menjadi fashion stylist, fashion director atau fashion designer. Bukan hanya itu, undangan Fashion week dari desainer ternama juga sudah pasti rutin diterima seorang Fashion Influencer.


2. Beauty Enthusiast
beauty enthusiast
Pengetahuan dan kemampuan kita mengenai dunia kecantikan bisa juga memberikan kita kuuntungan. Kita hanya perlu membuat video make up tutorial dan rutin review kosmetik. Tentunya video tersebut kita upload di channel YouTube dan review di blog. Sebagai Beauty Enthusiast, kita bisa juga menjadi pembicara soal kecantikan bahkan makeup artist. Semakin banyak followers, maka akan banyak sponsor produk kecantikan yang mau endorse. Sebagai contohnya saja seperti Sasyachi, ia adalah salah satu Beauty Enthusiast sukses di Indonesia.


3. Food Buzzer
food buzzer
Sekarang, ada istilah baru yang disebut buzzer. Pekerjaan seorang buzzer adalah mempromosikan sesuatu di medsos hingga menjadi viral. Food Buzzer menjadi profesi baru di era digital ini. Dengan jumlah followers yang banyak, seorang Food Buzzer sangat efektif mempromosikan menu makanan baru. Selain hobi makan, juga kemampuan foto makanan menjadi hal penting yang harus dikuasai seorang Food Buzzer.



4. Fotografer
fotografer
Banyak jenis fotografi yang bisa menghasilkan uang. Foto human interest bisa digunakan sebagai foto jurnalistik. Foto potrait, foto stage dan foto fashion bisa untuk majalah dan acara pernikahan. Dan jangan lupa upload hasil foto terbaik ke media sosial sebagai portofolio digital kita.


5. Florist
florist
Rangkaian bunga diberikan pada hari spesial seperti ulang tahun, anniversary, wisuda dan kelulusan. Masalahnya, tak semua orang bisa merangkai bunga. Bagi kita yang menekuni seni merangkai bunga bisa memanfaatkan kesempatan ini. Buka usaha sebagai florist atau merangkai bunga sangat menjanjikan, kalau sulit mendapatkan bunga asli, kita bisa menggunakan bahan lain seperti plastik atau kertas.


6. Traveler
traveler
Traveler berbeda dengan turis. Mereka tak hanya berjalan jalan saja, tapi juga memahami kebudayaan dan kebiasaan daerah yang dikunjunginya dan inilah yang menjadi point penting dan nilai jual dari seorang traveler. Seorang traveler sangat dibutuhkan untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata suatu tempat. Dan sekarang ini, banyak negara yang memberikan perjalanan gratis bagi traveler sebagai ajang promosi. Asyik banget...


7. Illustrator
illustrator
Bagi kita yang memiliki bakat menggambar patut berbahagia karena sekarang banyak banget media untuk menyalurkan bakat kita tersebut. Misalnya membuat komik sendiri di LINE Webtoon. Selain itu kita juga bisa memasarkan hasil karya kita lewat media sosial. Hal ini bisa menarik orang untuk menggunakan jasa kita sebagai illustrator.


8. Vlogger
vlogger
Vlogger singkatan dari video blogger, kalau kita menjadi seorang vlogger, kita membutuhkan kamera untuk membuat konten. Agar menarik penonton, konten yang dibuat harus spesifik dan informatif. Contoh vlogger yang suskses adalah LASTDAY Production. Biasanya konten video lucu tentang kehidupan sehari hari banyak ditonton orang, dan kalau sudah banyak subcriber, channel YouTube kita bisa menarik pemasang iklan berbayar.


9. Blogger
blogger
Bila kita hobi menulis, mungkin pekerjaan ini sangat cocok buat kamu. Mungkin kalau jaman dulu cukup sulit mendapatkan uang dari menulis. Kamu harus bisa melobi percetakan-percetakan ataupun media massa supaya tulisan/buku kamu dimuat dan dipublikasikan sehingga kamu mendapatkan royalti dari setiap penjualan.
Tetapi, di era modern ini kamu bisa mendapatkan uang dari menulis dengan cukup mudah. Ada dua cara yaitu menjadi blogger dan penulis artikel.


10. Gamers
gamers
Bermain video game ternyata tak selamanya berdampak negatif. Bahkan permainan online di komputer tersebut bisa menjadi sumber pendapatan tersendiri bagi Anda. Berbagi tips bermain di YouTube ternyata sudah banyak terbukti dapat menghasilkan uang yang tak sedikit. Semakin banyak orang yang melihat, maka semakin besar pula uang yang dihasilkan. Bahkan di dalam sebuah permainan game online, ada banyak transaksi seputar game online seperti barter barang dan yang lainnya.


sources:
http://indahjulianti.com/influencer-profesi-baru/
http://rocketmanajemen.com/peluang-usaha-berdasar-hobi/
https://www.cermati.com/artikel/6-cara-mengubah-hobi-menjadi-peluang-bisnis

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments