7 Makanan yang cocok saat musim hujan

Saat musim hujan datang, biasanya beberapa orang akan mudah terserang berbagai penyakit dan yang paling umum adalah pilek. Musim hujan yang membuat cuaca semakin dingin akan datang. Kadang di musim hujan pula cuaca datang tidak menentu dan suhu yang dingin bisa menyebabkan segala penyakit timbul. Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan dan mencegah segala penyakit datang karena musim penghujan, berikut beberapa asupan makanan yang sangat penting untuk kesehatan kita di saat musim hujan datang.



1. Jamur 
jamur
Menurut Riz Ivana L. Teng, RND, dokter dari Manila Doctors Hospital. Filipina, jamur diperkaya dengan kandungan vitamin B Riboflavin dan Niacin, Selenium dan antioksidan. Vitamin B berperan dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh, sedangkan selenium bisa menurunkan resiko infeksi berat. Jamur juga mengandung 17 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh. Jenis jamur yang terbukti bisa meningkatkan kekebalan tubuh adalah Shiitake, maitake dan Reishi. Jamur jamur tersebut bisa meningkatkan produksi dari aktivitas sel darah putih yang sangat penting untuk melawan infeksi.


2. Yoghurt
yoghurt
Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang bisa meningkatkan fungsi imun dalam tubuh kita. Menurut Riz Ivana L. Teng, RND, bakteri baik dalam yoghurt bisa merangsang respon kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Dr. Neal G. Malik, spesialis kesehatan dari Universitas California, Amerika Serikat juga mengatakan bahwa yoghurt kaya akan protein, vitamin A dan zinc yang membantu mencegah penyakit yang menyerang pencernaan.
Agar khasiatnya lebih banyak, kita bisa minum yoghurt dengan dicampur buah buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, mangga, dan anggur. Karena National Academy of Sciences di Amerika Serikat mengatakan bahwa orang dewasa memerlukan sekitar 60-95 mg vitamin C setiap harinya.


3. Buah buahan kaya Vitamin C
buah berri
Dr. Near G. Malik merekomendasikan aneka buah berri sebagai buah yang cocok dikonsumsi saat musim dingin atau musim hujan. Semua jenis buah berri seperti blackberry, raspberry, blueberry dan strawberry mengandung zat bernama antchocyanin. Zat ini sangat berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah buahan ini juga mengandung banyak vitamin C yang membuat tubuh kita akan tetap bugar setiap hari. Antioksidan dan vitamin C bisa melawan penyakit flu yang sering menyerang saat musim penghujan.



4. Teh
teh
Teh banyak mengandung polifenol dan flavanoid, antioksidan yang berperan untuk menghancurkan radikal bebas yang dapat merusak sel sel sehat dalam tubuh kita dan bahkan bisa menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit. Minum teh merupakan cara yang baik untuk merelaksasi tubuh kita di saat musim hujan.


5. Kacang kacangan
kacang kacangan
Kacang banyak mengandung vitamin E, niacin dan riboflavin. Vitamin E merupakan antioksidan hebat yang bisa membantu menjaga sel sel sehat dalam tubuh kita. Mengkonsumsi kacang setiap hari dapat membantu kita terhindar dari penyakit stress. Mengkonsumsi kacang dan beberapa buah yang banyak mengandung vitamin juga bermanfaat untuk menjaga energi kita dalam melakukan aktivitas berat kita sehari hari, terlebih di saat musim hujan.


6. Sayuran hijau
sayuran hijau
Riz Ivana L. Teng, RND, mengatakan sayuran seperti kubis, bayam, brokoli merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C dan E, asam folat, serat dan antiokasidan. Vitamin vitamin ini juga memiliki aktivitas antioksidan yang membantu fungsi sel tubuh kita dengan baik, asam folat berperan dalam pembentukan sel sel tubuh. Selain itu, Kubis memiliki glutamin yang merupakan nutrisi yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh kita dan brokoli yang juga kaya akan Glutathione yang merupakan antioksidan hebat. 


7. Sop Ayam
sop ayam
Sop ayam merupakan makanan tradisional yang disajikan hangat. Sayur mayur seperti wortel, kentang dan buncis dalam sop ayam merupakan sumber protein yang sangat baik untuk orang orang yang sedang masa pemulihan ataupun sedang terserang flu. Protein yang terkandung dalam sop ayam dapat membantu menyingkirkan bakteri dan virus dalam tubuh kita, kita juga bisa menambahkan bawang putih dan rempah rempah kedalam sop ayam yang juga memiliki efek anti inflamasi terhadap pilek dan dapat menekan batuk, mengurangi rasa sakit dan demam. 


sources:
http://www.interaksyon.com/lifestyle/healthy-living-8-foods-to-help-boost-your-immunity-during-the-rainy-season
http://www.wovgo.com/2015/11/24/makanan-dan-minuman-ini-kalau-dikonsumsi-saat-musim-hujan-nggak-cuma-bikin-badan-hangat-tapi-juga-terjamin-kesehatannya/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments