5 Fakta unik tentang hewan yang belum anda ketahui

Jenis hewan di bumi sagat beragam dan kita hanya bisa mengetahui jenis hewan ini hanya sedikit sekali ada beberapa hewan yang ternyata mempunyai fakta yang menarik yang mungkin anda tidak mengetahui sebelumnya. Spesies hewan sangat beragam. Karena teramat banyak, mungkin kita hanya mengenal dekat beberapa jenis hewan saja sementara pengetahuan akan spesies yang lain hanya sekilas. Dibalik beragamnya jenis hewan, ternyata beberapa spesies hewan memiliki perilaku dan kemampuan tidak biasa yang sangat menarik untuk diketahui.
Berikut beberapa fakta unik tentang hewan yang mungkin anda belum mengetahuinya.


1. Cara ikan paus menyusui
cara ikan paus menyusui
Seperti yang kita  ketahui, paus merupakan hewan mamalia yakni hewan yang menyusui anaknya, namun pernahkah terpikir oleh kita bagaiamana cara ikan paus menyusui??
sebagai hewan mamalia, paus memanfaatkan semacam lubang pada kelenjar susunya untuk menyusui. Letak kelenjar susu tersebut ada didekat bagian ekornya. Bayi paus yang baru lahir akan merapat dengan induknya, lalu menempelkan lidahnya untuk memulai proses menyusui. Nantinya, sang induk akan menyemprotkan susu tersebut ke mulut si bayi yang sudah menempel. Susu paus memiliki tekstur seperti krim, jadi tidak mudah larut di air.


2. Kucing bersembunyi saat sekarat   
kucing bersembunyi saat sekarat
Buat para pecinta kucing, pasti tahu kalau kucing punya gerak gerik khusus menjelang kematiannya. Ternyata hewan yang satu ini bisa tahu kapan waktunya mereka akan mati. Biasanya kucing akan mencari tempat yang dianggap nyaman, dan sedihnya lagi bisa saja tempat itu jauh dari sang pemilik kucing. Tempat yang teduh dan sedikit gelap adalah tempat yang biasa dipilih seekor kucing untuk tempat istirahat terakhirnya.
3. Siput juga punya kaki
siput punya kaki
Siapa bilang bahwa siput berjalan tidak menggunakan kaki!!! Nama lain siput adalah Gastropoda Mollusca. Gaster yang artinya perut dan Podos artinya kaki. Iyap, berbeda dengan kaki hewan pada umumnya yang memiliki jari jari, kaki siput sebenarnya merupakan bagian organ yang terdiri atas otot otot. Bentuknya lunak dan memanjang, serta terletak di bagian bawah tubuhnya. Dengan kata lain, siput berjalan menggunakan perut sebagai kaki untuk bergerak. Pada bagian depan kakinya, siput menghasilkan lendir, hal ini supaya memudahkan siput berjalan.


4. Anjing tidak bisa nonton TV
anjing tidak bisa nonton tv
Kalau kita suka lihat anjing setia menemani pemiliknya menonton televisi, ternyata hewan yang dekat dengan manusia tersebut tidak benar benar bisa menonton tv. Faktanya cara melihat anjing anjing sangat berbeda dengan manusia. Anjing lebih cepat menangkap gambar dibandingkan manusia, jadi, pergantian frame sebuah film dan cahaya yang muncul dari televisi malah mengganggu bagi penglihatan hewan tersebut. Selain itu, anjing hanya bisa menangkap dua warna primer yaitu kuning dan biru. Jadi, kalau anjing bisa berlama lama didepan tv itu artinya dia hanya ingin dekat dengan si pemiliknya.


5. Musik klasik dapat meningkatkan produksi susu sapi
musik klasik dapat meningkatkan produksi susu sapi
Musik meningkatkan produksi susu sapi, hal ini dapat mempengaruhi suasana hati sapi, dan ini sangat mempengaruhi tingkat produksi susu sapi dan akan meningkatkan kualitas dan kuatintas susu sapi. Menurut penelitian, sapi yang mendengarkan musik akan memproduksi susu lebih banyak dibandingkan dengan sapi yang enggak mendengarkan musik.
Psychiater Universitas Inggris, menemukan bahwa memperdengarkan musik klasik ringan kepada sapi perah bisa membantu meningkatkan produksi susu mereka. Namun, musik modern tertentu yang memekakkan telinga ternyata tidak membawa efek apapun. Doktor itu mengatakan, musik yang nyaman dan ringan tersebut bisa meningkatkan produk susu barangkali adalah karena mereka bisa mengurangi stress dari sapi perah.


sources:
http://internasional.republika.co.id/
http://pulungbaskoro.blogspot.co.id/
http://www.gadis.co.id/
http://nationalgeographic.co.id/
http://belajar-sampai-mati.blogspot.co.id/
http://www.bintang.com/
https://eltelu.blogspot.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

9 comments

Asli kang kalau kucing saya tahu karena di rumah saya banyak kucing, dulu tuh pas udah ke tabrak anak kucing saya lari ke tempat yang gelap dan bersembunyi di kolong apalah barang-barang yang udah tak terpakai dan disana lah dia mati :-( kasiannn..

Balas

Ikan paus cara menyusuinya begitu ya ternyata... Sama kucing suka menyepi saat sekarat

Balas

Berarti kucing kucingku yg hilang itu udah meninggalkanku untuk selamanya, padahal aku masih kangen..

Balas

Hewan memang aneh ya
Ada yang suka musik pula
Menyendiri hendak menghadap sang pencipta

:)

Balas

Memang ada benarnya, baru-baru ini, kucing tetangga menjauh pada saat akan mati. Lokasinya agak ngumpet... Amazing banget ya mas...

Balas

Tapi kalau ngumpet gitu kasian juga ya kalau gak ada yang tau lalu siapa yang nguburin ?

Balas

Enggak juga sih mas bisa juga kan dia tinggal di rumah orang lain yang menjamin segala makanan nya :-)

Balas

saya baru tahu keunikan dari hewan hewan ini hehehee
oh ternyata siput juga punya kaki yah?
tapi tetep paling unik itu yang no.5 sapi mendengarkan musik klasik :D

Balas

Asek... saya juga baru tahu hal-hal semacam ini...
itu anjing sok-sokan ngerti berartiya didepan tv..

Balas