7 Merk VR (virtual reality) terbaik dan terkenal

Saat ini Virtual Reality (VR) sedang populer. VR dapat menampilkan sensasi visual first person saat bermain game. VR dilengkapi dengan headset serta sensor biometrik seperti pergelangan tangan dan jari yang akan membuat Anda akan benar benar merasakan seperti berada di dunia baru yang penuh dengan petualangan. 7 Merk VR (virtual reality) murah berkualitas. Berikut ini 7 Merk VR (virtual reality) terbaik dan terkenal 




1. Google Cardboard
google cardboard
Google Cardboard merupakan Headset VR pertama yang muncul pada bulan Juni 2014 dengan segala keterbatasannya. Bahkan banyak yang tidak percaya dengan Google Cardboard ini dan menganggapnya sebagai mainan konyol, namun sekarang ini sudah lebih dari setangah juta pengguna yang telah merasakan Google Cardboard. Kalau Anda ingin mencoba Google Cardboard Anda hanya harus mengeluarkan dana sebesar Rp. 30ribuan saja. Namun jangan salah, kalau tidak ada google cardboard mungkin headset VR yang canggih saat ini bisa jadi gak ada lho.


2. Samsung Gear VR
samsung gear VR
Samsung menggandeng perusahaan teknologi raksasa Oculus untuk membuat Samsung Gear VR. Virtual Reality atau VR merupakan teknologi yang mampu membuat pengguna berinteraksi dan merasakan sensasi bermain di dalam dunia maya. Untuk menggunakan Samsung Gear VR, kita harus memakai smartphone Samsung seri Galaxy seperti Galaxy S6, S6 Edge, S6 Egde+, S7, S7 Edge dan Galaxy Note 5.
Samsung Gear VR juga dilengkapi headset yang memudahkan pengguna, jadi tak perlu membeli headset tambahan untuk menyambungkannya ke smartphone. Desain yang elastis dan pad tak kasar juga menambah nilai plus Samsung Gear VR ini. Kita pun bisa memindahkan menu dengan menggunakan touchpad di Samsung Gear VR.



3. Lenovo K4 Vibe Shot + AntVR
Lenovo K4 Vibe Shot + AntVR
Teknologi VR lainnya yang telah diluncurkan adalah smartphone Lenovo K4 Note. Smartphone ini diklaim sebagai smartphone pertama dengan fitur TheaterMax. Dengan menggunakannya, kita bisa merasakan sensasi bermain games dan menonton film dengan kacamata VR. Kerennya kita mendapatkan tampilan grafis serta sound yang sangat tajam.
Selain itu, tambahan Dolby Atmos pada speakernya bisa mengurangi gangguan suara saat menonton atau bermain games. Buat para gadget lovers, tak perlu khawatir merogoh kantong lebih dalam. Teknologi AntVR ini bisa kita dapatkan saat membeli Lenovo VIBE K4 Note, jadi seperti penjualan bundling.


4. Oculus Rift
oculus rift
Beberapa waktu lalu di ajang CES (Consumer Electronics Show) 2016 di las Vegas, Amerika Serikat, perusahaan teknolosi asal Paman Sam, Oculus, memamerkan produk VR bernama Oculus Rift. VR yang dirilis secara global pada 28 Maret 2016 bagi para pecinta game PC. Dengan menggunakan kacamata VR ini, tampilan gambar yang dihasilkan seperti virtual 3D.
Uniknya Oculus Rift dilengkapi sensor khusus, sehingga saat kepala bergerak, gambar dalam VR tidak berubah atau mengalami penurunan frame. Sebagai tambahan, Oculus Rift juga dilengkapi dua panel layar stereoscopic (teropong) berukuran 7 inch. Fungsinya memproyeksikan gambar dengan sudut luas yang mencapai 110 derajat.
Saat membeli Oculus Rift, kita bisa mendapatkan headset, satu controller Xbox One, game gratis Eve:Valkyrie dan Lucky's Tale dan masih banyak yang lainnya. Untuk mendapatkan fungsi maksimal, pengguna harus memiliki PC dengan spesifikasi tinggi.


5. HTC Vive
htc vive
Tak kalah dengan Oculus Rift, HTC meluncurkan headset virtual reality nya. Perusahaan asal Taiwan ini berkerjasama dengan pengembang game, Valve. HTC Vive dilengkapi dengan IR Emmiter yang memungkinkan pengguna memainkannya dalam jarak tertentu. The coolest part nya, headset HTC Vive dilengkapi kamera depan, jadi kita bisa merasakan dunia virtual lebih nyata.
Untuk menggunakannya, HTC Vive harus dihubungkan dengan komputer. Soalnya hanya dengan komputer, game bisa tampil di layar HTC Vive, spesifikasi komputer pun cukup tinggi yakni PC dengan prosessor minimal Intel i5-4690 atau AMD FX8350.
HTC Vive juga dijual dengan sistem bundling, dengan membayar US$800 atau sekitar 10,5 juta rupiah, kita bisa mendapatkan satu HTC Vive, dua wireless controller, dua base station, link box yang menghubungkan dengan PC serta sepasang earbud Vive.


6. Playstation VR
playstation vr
Melihat dari Oculus Rift yang masuk pada Maret 2016, HTC Vive yang masuk pada April 2016 dan terakhir PlayStation VR yang masuk pada Oktober 2016, Kira-kira siapa yang paling dominan memegang pasar penjualan terbesar ?.
Menurut data dari BusinessInsider, ternyata hasil penjualan dari antara ketiga perusahaan raksasa perangkat virtual reality tersebut sangatlah tinggi.
Terlihat walaupun PlayStation VR dirilis paling terakhir diantara Oculus Rift dan HTC Vive, namun PlayStation VR jauh lebih unggul meninggalkan keduanya.
Faktor harga dan basis dari konsol juga sangat membantu dari PlayStation VR menjadi paling populer dibandingkan perangkat VR lainnya.


7. Google Daydream VR
google daydream
Google akhirnya membuktikan komitmennya untuk menggeluti bisnis di bidang teknologi Virtual Reality (VR). 
Pada gelaran Google I/O, perusahaan yang berbasis di Mountain View, California tersebut memperkenalkan Daydream, sebuah platform VR yang dirancang khusus untuk sistem operasi Android N.
Daydream sendiri bisa dibilang menjadi penerus dari Cardboard, yaitu VR Headset dengan jarga terjangkau yang dirilis Google dua tahun yang lalu. Lalu, apa bedanya Daydream dengan Google Cardboard? Jika Google Cardboard bisa digunakan dengan banyak perangkat smartphone, Daydream justru hanya bisa digunakan secara eksklusif untuk perangkat Android N karena memiliki komponen khusus seperti layar dan sensor.


sources:
https://jalantikus.com/gadgets/headset-vr-murah-terbaik/
https://carisinyal.com/ini-dia-7-kacamata-virtual-reality-terbaik/
http://tekno.liputan6.com/read/2511044/daydream-pembuktian-nyata-google-di-dunia-virtual-reality

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments