5 Fakta Alan Turing, Penemu awal komputer

Sekarang ini kita bisa memilih komputer atau laptop dengan segala macam kecanggihannya. Namun dibalik kecanggihan teknologi komputer yang kita gunakan tersebut berasal dari perkembangan konsep mesin turing yang ditemukan oleh seorang matematikawan asal Inggris, Alan Mathison Turing. Berikut 5 Fakta Alan Turing, Penemu awal komputer
Alan Mathison Turing, (23 Juni 1912 – 7 Juni 1954) adalah seorang ilmuwan perintis komputer berkebangsaan Ingris, matematikawan, ahli logika, cryptanalyst, filsuf, ahli biologi matematika, dan pelari jarak maraton dan ultra. Dia sangat berpengaruh dalam perkembangan ilmu komputer, memberikan formalisasi konsep algoritma dan perhitungan dengan mesin Turing, yang dapat dianggap sebagai model komputer dengan tujuan umum. Turing secara luas dianggap sebagai bapak ilmu komputer teoritis dan intelegensi buatan.

alan turing


1. Pintar matematika sejak kecil
Pria yang lebih dikenal sebagai Alan Turing ini lahir pada 23 Juni 1912, saat berusia 13 tahun, ia disekolahkan ke boarding school Sherborne School, Dorset, Inggris. Sekolah ini membebaskan siswa memilih subjek yang diinginkan. Maka Alan remaja memperdalam ketertarikannya di bidang matematika dan sains.
Saat berusia 22 tahun, Alan Turing memperoleh beasiswa King's College, Cambridge jurusan Matematika. Ia juga kuliah di Princeton University, Amerika Serikat pada tahun 1936-1938. Ketertarikannya pada matematika juga membuat Alan Turing bergabung dengan Pemerintah Inggris pada tahun 1939 di departemen khusus bagi para kriptoanalis yang memecahkan kode kode rahasia selama perang.

2. Pemecah kode Enigma Jerman
Saat Perang Dunia II (1939-1945) berlangsung, Inggris yang berperang melawan Jerman mengalami kesulitan dalam mencari informasi penting tentang Jerman. Hal ini karena bentuk komunikasi yang dilakukan oleh NAZI menggunakan kode enigma, kode yang dikirim melalui mesin khusus ini berisi strategi perang dan informasi penting lain, kode enigma hanya dapat dibuat dan dibaca oleh mesin enigma yang dimiliki oleh pemerintah Jerman.
Kriptoanalis Inggris harus memecahkan kode enigma milik Jerman satu persatu. Padahal kode enigma yang dikirim oleh NAZI per harinya mencapai trilyunan. Alan Turing yang telah bergabung dengan tim kriptoanalis Inggris akhirnya berhasil membuat mesin pemecah kode enigma bernama The Bombe di tahun 1939. Para sejarawan beranggapan, penemuan mesin ini berhasil menyelamatkan jutaan nyawa karena mampu mempersingkat Perang Dunia II.


3. Imitation Game
imitation game
Alan Turing juga sempat bergabung di National Physical Laboratory (NPL) Inggris pada tahun 1945 dan membuat desain dan konsep komputer digital Automatic Computing Engine (ACE). ACE bisa menyimpan program dalam memori mesinnya dengan range sangat besar.
Pada tahun 1950, Alan Turing mengasah kembali kemampuannya di University of Manchester, Inggris dan fokus ke teknologi penggunaan komputer. Ia membuat paper bertema Imitation Game. Intinya, Alan Turing membandingkan kemampuan mesin dengan pikiran manusia. Serangkain tes yang dipaparkan dikenal sebagai tes turing. Paper ini menjadi salah satu karya terbaiknya dalam bidang artificial intelligent. Alan Turing wafat pada 8 Juni 1954, kisah Alan Turing yang inspiratif ini diangkat ke dalam film layar lebar dengan judul Imitation Game pada tahun 2014 lalu.


4. Prilaku Homoseksual yang membuatnya terpuruk
Dalam film Imitation Game (2014), kita bisa melihat kehidupan sehari hari yang dijalani oleh Alan Turing, Ia sering di bully sewaktu sekolah, saat dewasa pun ia bukanlah sosok yang disukai oleh banyak orang. Karena prilaku Homoseksual di Inggris saat itu adalah suatu tindakan kejahatan yang menuju kepada kekerasan. Saat reputasinya hancur karena status homoseksual, ia pun ditangkap dan kehilangan pekerjaannya. Tak tahan dengan semua keterpurukan tersebut, Alan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.
Kematian Turing adalah hal yang sangat disayangkan sebenarnya. Pasalnya, dengan pemikiran jeniusnya, bisa saja dunia komputer dapat berkembang makin cepat lagi. Sayangnya, ia ditakdirkan hanya untuk membuat mesin pemecah kode, walaupun itu saja sudah jadi penemuan fundamental untuk teknologi komputer di masa ini.


5. Bunuh Diri
Alan Turing yang begitu berjasa besar karena peperangan Inggris dengan Jerman yang berhasil dimenangkan oleh Inggris. Sayangnya, Alan Turing memiliki kelainan seksual yang dijalaninya, prilaku kehidupan homoseksual Alan Turing yang membuatnya ditangkap dan dihukum oleh pemerintah Inggris, Alan Turing menerima suntikan estrogen untuk menetralkan libidonya yang berakibat ia menderita impotensi dan gynecomastia. Tragis, orang yang berjasa ini akhirnya harus ditemukan bunuh diri setelah memakan apel yang mengandung racun sianida. Turing meninggal pada 8 Juni 1954 setelah meninggalkan berbagai penemuan yang sangat berjasa seperti Halting Problem, Turing Machine, Cryptanaysis of the Enigma, dan Automatic Computing Engine ( ACE ).


sources:
http://www.pbs.org/newshour/updates/8-things-didnt-know-alan-turing/
https://jadiberita.com/55472/story-alan-turing-pencipta-awal-komputer.html
http://showbiz.liputan6.com/read/2165443/the-imitation-game-alan-turing-amp-penemuan-komputer

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments