Pesona Derawan yang tak kalah menawan

Indonesia kita memang memiliki keindahan yang terhitung jumlahnya, banyak destinasi wisata yang menarik dan membuat kita ingin mengunjunginya dan menikmati hamparan pasir putih, hamparan rumput hijau dan birunya laut. Keindahan alam Indonesia yang bisa kita nikmati salah satunya adalah Kepulaun Derawan. Pesona Derawan yag tak kalah menawan, Derawan, Kepulauan cantik ini terletak di bagian utara Indonesia, tepatnya di daerah Kalimantan Timur. Walau aksesnya butuh perjuangan, Kepulauan Derawan sangat memukau dan menawan banget buat jadi destinasi wisata pilihan.


How to get to Derawan
Ada beberapa cara untuk sampai ke Kepulauan Derawan, mulai dari perjalanan laut sampai dengan udara. Untuk menghemat waktu dan tenaga, sebaiknya menggunakan perjalanan udara, ini dia pilihannya.

1. Via Tarakan
Cari penerbangan langsung ke Tarakan, Kalimantan Timur. Biaya pesawatnya jauh lebih murah dibanding harus transit, setelah sampai kita lanjutkan perjalanan darat menuju pelabuhan, lalu menggunakan speedboat ke Kepulauan Derawan sekitar dua jam.


2. Via Berau
Kita juga bisa memilih penerbangan via Berau, Kalimantan Timur. Biasanya pesawat akan transit di Balikpapan terlebih dahulu dan sesampainya di Berau kita akan menempuh perjalanan darat ke pelabuhan selama kurang lebih dua jam, yang lebih asik lagi kita hanya membutuhkan waktu 30 menit menuju Kepulauan Derawan dengan speedboat.


Pesona Derawan yang Menawan
Sesampainya di Kepulauan Derawan, masih ada tujuan wisata yang bisa kita kunjungi dan melihat keanekaregamannya.

1. Snorkeling
snorkeling
Ada beberapa hal yang bisa kita lalukan untuk menikmati liburan kali ini di Kepulauan Derawan, yang pertama yakni Snorkeling. Kepulauan Derawan memiliki wisata bawah laut yang super keren, mulai dari warna warni terumbu karang yang indah, berbagai macam ikan berwarna sampai dengan bebas di dalam air. Bagi yang tidak bisa berenang, kita tetap bisa snorkeling dengan menggunakan pelampung.



2. Pulau Kakaban
pulau kakaban
Pastinya kita harus mengunjungi pulau pulau yang ada di Derawan salah satunya adalah Pulau Kakaban, di pulau ini kita bisa berenang bersama ubur ubur karena hanya di pulau ini dan Micronesia kita bisa berenang dan bermain bersama ubur ubur, karena ubur ubur nya tidak menyengat atau tidak beracun.


3. Pulau Musiman, Pulau Gusung Sanggalau
pulau gusung sanggalau
Mengapa di sebut pulau musiman?? karena pulau ini hanya bisa dikunjungi saat pertengahan tahun yakni waktu air sedang surut, pulau ini bernama Pulau Gusung Sanggalau, Pulau yang sebagian besar pasir putih ini cocok untuk kita yang suka fotografi.


4. Pulau Sangalaki
pulau sangalaki
Salah satu pulau yang wajib kita singahi adalah berkunjung ke penangkaran bayi penyu di Pulau Sangalaki. Ada ratusan telur yang nantinyaakan menetas menjadi bayi penyu atau tukik ini. Biasanya proses menetasnya terjadi pada tengah malam, lalu dilepaskan ke lautan. Tapi tenang saja, kita bisa tetap melihat bayi bayi penyu yang sengaja tidak dilepas ke lautan pada siang hari.


5. Bersepeda 
Ada banyak tempat penyewaan sepeda untuk sarana transportasi selama di Kepulauan Derawan, harganya sekitar Rp 20.000 sampai Rp 30.000, dengan bersepeda kita bisa berkeliling ke desa desa tempat warga Derawan melakukan kegiatan sehari hari. Para warga pun ramah ramah dalam menyapa kita yang lewat.


6. Sunset yang menawan
sunset
Jangan sampai melewatkan sunset di Kepulauan Derawan. Pemandangan yang romantis ini bisa kita nikmati di Kepulauan Derawan, terlebih didukung cuaca yang cerah dan birunya warna lautan, cocok untuk mengakhiri perjalanan di Kepulaua Derawan ini.


Persiapan apa saja yang dibawa
Ada baiknya kita mempersiapkan segala perlengkapan dan peralatan saat harus mengunjungi suatu tempat ketika berlibur. Salah satunya liburan ke Kepulauan Derawan, siapkan beberapa hal berikut,

1. Sunglasess
Selain sebagai fashion item, kacamata hitam juga bisa melindungi mata kita dari sinar matahari.

2.  Sunblock
Ada baiknya memilih sunscreen dengan SPF110 supaya kulit kita tak mudah terbakar oleh sinar matahari, gunakan sebelum dan sesudah aktivitas di luar ruangan.

3. Floaties
Floaties menjadi barang yang wajib dibawa bagi yang tak bisa berenang, dengan ini kita bisa tetap merasakan nikmatnyaiar laut di Kepulauan Derawan.

4. Peralatan Snorkeling
Sebaiknya kita membawa sendiri peralatan snorkeling, karena ditempat penyewaan belum tentu kualitasnya sesuai dengan kemauan kita, karena ini akan berpengaruh pada keamanan kita sendiri.

5. Kamera underwater
Karena Kepulauan Derawan dikenal dengan keindahan bawah lautnya, penting untuk membawa kamera underwater.

6. Obat obatan pribadi.
bagi yang punya alergi atau penyakit khusus, sipakan obat obatan pribadi khusus. Tambahkan vitamin dan suplemen yang diperlukan. Jangan sampai kita sakit ketika sudah sampai di Kepulauan Derawan.


sources:
http://travel.detik.com/read/2012/03/02/010000/1855971/1025/2/pulau-sangalaki-saksi-sebuah-kehidupan-bayi-penyu?v9911031381
http://travel.grivy.com/h/i/115343898-menyelami-pulau-sangalaki
http://www.hipwee.com/travel/kepulauan-derawan-nirwana-kecil-di-muka-bumi-yang-menunggu-untuk-kamu-jelajahi/attachment/sunrise-derawan/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments