7 Film dengan adegan kecelakaan kereta api

Sejak awal abad ke-20, kereta api sudah memainkan peran penting dalam proses produksi film. Banyak film yang mengambil tempat di kereta api, stasiun, dan bahkan menceritakan tentang kehidupan terkait dunia perkeretaapian.
Laiknya kereta api yang bentuknya memanjang dan beraneka rupa, membicarakan kehadiran moda transportasi darat ini di ranah sinema juga tak kalah panjangnya. Film fiksi, sungguh pun adalah rekaan, tetap harus menjadi refleksi dari kehidupan sosial agar ia menjadi produk yang dekat dengan penontonnya. Karenanya para sutradara kerap menjadikan kereta api, dalam apapun pengejawantahannya di depan kamera, hadir dalam film mereka. Ada yang sekadar sebagai properti (contohnya film Gangster - 2015), tempat bertemunya dua karakter utama (Before Sunrise - 1995), adu jotos penuh adrenalin dengan kereta yang melaju kencang (Skyfall - 2012), hingga berdasarkan kisah nyata (Tragedi Bintaro - 1989).  Ada banyak film yang berhubungan dengan kereta api, tapi berikut ini merupakan film film dengan adegan kecelakaan kereta api yang dahsyat, penasaran kan !!!


1. Tragedi Bintaro (1989)
tragedi bintaro 1989


Tragedi Bintaro adalah film Indonesia bergenre drama yang diproduksi pada tahun 1989 dan disutradarai oleh Buce Malawau. Film ini dibintangi antara lain oleh Roldiah Matulessy, Ferry Octora, dan Lia Chaidir. Film ini diangkat dari kisah nyata Juned, seorang korban kecelakaan kereta api Tragedi Bintaro pada tanggal 19 Oktober 1987. Pada bagian akhir film, Juned bersama dengan nenek dan kakaknya berangkat ke desa dengan naik kereta api. Di tengah perjalanan, kereta api yang mereka tumpangi bertabrakan dengan kereta api lain dari arah berlawananan. Juned adalah salah satu korban yang masih hidup, sementara nenek dan kakaknya meninggal dunia. Kronologis terjadinya tabrakan digambarkan dengan detail dan sesuai dengan fakta sejarah. 


2. Under Siege 2: Dark Territory (1995)
Under siege 2, Dark Terrritory


Under Siege 2: Dark Territory merupakan sebuah film dirilis pada tahun 1995 dan merupakan sambungan ke Under Siege. Pemain utamanya di film ini ialah Steven Seagal, Eric Bogosian, Katherine Hegi, dan masih banyak lagi. Film ini disutradarai oleh Geoff Murphy.
Seperti film sebelumnya, Steven Seagal memerankan tokoh utama Casey Ryback yang merupakan mantan anggota angkatan laut, dan kini bekerja sebagai koki di Mile High Café, Denver, Colorado.
Casey kemudian mengajak keponakannya yaitu Sarah Ryback (Katherine Heigl) untuk pergi ke Los Angeles, California, untuk mengunjungi makam kakak Casey yang merupakan ayah Sarah. Mereka lalu menggunakan kereta api (KA) yang melintasi Pegunungan Rocky dari Denver ke Los Angeles.
Ditengah jalan, gerombolan teroris mengambil alih kereta, dimana salah satu anggotanya adalah Travis Dane (Eric Bogosian). Dane kemudian menggunakan KA tersebut untuk mengambil alih senjata rahasia pemerintah AS yang berbentuk satelit, yaitu Grazer One. Dane adalah salah satu insinyur perancang Grazer One, tetapi ia dipecat sebelum Grazer One dibangun.
Casey Ryback yang mengetahui bahwa KA tersebut dibajak mulai mencari jalan keluar. Ia mendapati seorang kuli angkat bernama Bobby Zachs (Morris Chestnut) untuk membantunya.
Setelah Casey mengalahkan Penn (bos teroris), serta mengetahui bahwa kereta tersebut akan bertabrakkan dengan KA pengangkut BBM, Casey bersama keponakannya dan Bobby si kuli angkut, mencoba naik keatas heli yang tadinya disiapkan untuk Dane. Dane mengikuti Casey, namun tangan ia terjepit dipintu, akhirnya Dane jatuh kejurang hingga akhirnya mati bersama ledakkan besar dari tabrakan antara kereta tersebut dengan kereta pengangkut BBM.


3. Unstoppable (2010)
Unstopable 2010


Beginilah kalau terjadi human erorr, kereta api yang seharusnya bermasinis, menjadi kereta yang tidak bermasinis dan "liar", alias cepat dan tidak terkontrol. Bisa dibayangkan,  kereta api dengan rangkaian 30 gerbong, memuat bahan bakar kimia yang beracun serta berbahaya yaitu "phenol" dan melaju dengan kecepatan tinggi hingga 110an km/jam.
Kesalahan ini bukanlah rekayasa, melainkan sebuah kisah nyata yang terkenal dengan insiden "Crazy Eights", saat kereta berkode CSX 888 bermuatan bahan kimia, genol, melaju tanpa masinis yang terjadi di Ohio, Amerika Serikat, 2001 yang lalu.
4. Metro (2013)
Metro 2013


Metro merupakan film dari Rusia yang menceritakan tentang kecelakaan kereta api bawah tanah yang disutradarai oleh Anton Megerdichev. Ketika terowongan kereta api bawah tanah di kota Moskow jebol dan dibanjiri air dari sungai Moskow, maka terjadilah kecelakaan dahsyat dengan menyajikan efek visual yang tak kalah dengan film film Hollywood lainnya.


5. Super 8 (2011)
super 8


Super 8 adalah film thriller fiksi sains Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2011. Film ini disutradarai oleh J.J. Abrams dan Steven Spielberg, dibintangi oleh Elle Fanning dan Kyle Chandler. Film ini berlatar belakang Ohio pada tahun 1979.
Pada tahun 1979, sekelompok anak di Ohio membuat film tentang zombie dengan menggunakan kamera Super 8. Suatu malam, saat mereka membuat film, salah seorang anak di antara mereka menyaksikan sebuah truk yang melaju kencang tiba-tiba mengalami kecelakaan yang tak terhindarkan dengan sebuah kereta api yang juga melaju kencang. Di antara sisa-sisa puing akibat kecelakaan tersebut ada sebuah kotak yang menyerupai brankas yang mungkin berisi sesosok makhluk dari planet lain.


6. The Fugitive (1993)
The fugitive 1993


dr. Richard Kimble (diperankan Harrison Ford), menghadapi tuduhan pembunuhan tingkat pertama terhadap istrinya sendiri Helen Kimble (Sela Ward) dan diputuskan bersalah dan dihukum mati, di perjalanan menuju penjara mobil yang ditumpanginya para napi (termasuk dr. Richard) mengalami insiden kecelakaan dengan kereta api, sehingga para napi segera menyelamatkan diri dan ini juga kesempatan dr. Richard Kimble untuk mencari pembunuh asli istrinya sambil menghadapi kenyataan bahwa dia sekarang menjadi buruan nasional.


7. Knowing (2009)
knwoing 2009


Knowing adalah film fiksi ilmiah tahun 2009 yang disutradarai oleh Alex Proyas dan dibintangi oleh Nicolas Cage. Produksi film ini didanai oleh Summit Entertainment. Pengambilan film Knowing dilakukan di Melbourne, Australia, mengambil berbagai setting untuk menggambarkan situasi Boston. Film ini dirilis pada tanggal 20 Maret 2009 di Amerika Serikat. Film ini mengenai fenomena ramalan yang jitu.
John berangkat ke persimpangan Worth dan Lafayette di New York. Banyak sekali orang disana dengan kesibukan mereka masing-masing. John berusaha mencari aman dan menuju lorong kereta api bawah tanah. Disana ia mencurigai seseorang yang diduga sumber malapetaka berdasarkan ramalan Lucinda, tetapi sebenarnya ia hanyalah seorang pencuri buku. Beberapa saat kemudian, kereta api dari sisi lain meluncur dengan kecepatan tinggi mengalami kerusakan pada sistem rel dan menghancurkan semuanya. 



sources:
courtessy of youtube
http://www.imdb.com/
http://www.re-digest.web.id/
http://www.kompasiana.com/
http://id.wikipedia.org

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

7 comments

Saya jadi ingat nonton film Tragedi Bintaro dulu nontonya di Bioskop terbuka di kota saya..hehhe

Balas

dari semua film diatas, masih "Unstopable" yang pernah saya tonton, seru dan menegangkan memang.

Balas

semuanya menegangkan, ngeri juga

Balas

Menegangkan dan cukup menghibur dengan film aksinya.

Ternyata steven eagel ada toh film tragedi kecelakaan di keretanya.

Tapi kebanyakan film jadul ya.:)

Balas

film film seperti ini penuh histeri mas....apa lagi pas adegan laga diatas kereta api...

Balas

saya orang nya gak begitu hoby film Mas....namun tokoh serta judul film diatas pantas mendapat apresiasi karna adegan demi adeganya sangat menghibur pemirsa

Balas

Bagus-bagus film di atas ya kang kalau di lihat, pengambilannya seperti nyata dan tidak di buat-buat

Balas