Pencatatan Transaksi Keuangan bagi Usaha Kecil

 Pencatatan Transaksi Keuangan bagi Usaha Kecil

Akuntansi UKM atau Usaha Kecil Menengah sangat penting dalam rangka membantu pemilik usaha guna melacak dan melakukan pengelolaan keuangan secara efektif. Pencatatan keuangan tersebut dilakukan terhadap seluruh pendapatan dan pengeluaran dengan sangat akurat yang informasinya diperoleh dari transaksi bisnis.

Selain bermanfaat dalam menganalisis kinerja usaha, pencatatan ini sangat membantu dalam pembuatan faktur serta penyelesaian biaya-biaya perusahaan seperti penggajian. Proses pencatatan akuntansi juga merupakan salah satu yang menjadi kendala utama dalam perkembangan bisnis UKM di Indonesia.

laporan keuangan umkm, laporan keuangan usaha kecil


Proses pembukuan dalam UKM

Meskipun tidak memiliki keahlian dalam akuntansi, sebagai seorang pelaku bisnis perlu kiranya untuk dapat melakukan pembukuan usaha sehingga tampak lebih terorganisir. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan pembukuan sebuah usaha, khususnya bagi anda yang baru memulai sebuah usaha dan kurang memahami proses pencatatan akuntansi UKM.

-     Yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan analisis terhadap transaksi keuangan dan memasukkan hal-hal yang berkaitan dengan transaksi bisnis yang diperoleh dari dokumen sumber ke dalam sistem

-     Melakukan penjurnalan secara kronologis dengan memasukkan dua rekening debit dan kredit. Ada dua jenis jurnal yakni jurnal khusus dan jurnal umum, jurnal khusus ada berbagai jenis seperti pembelian, pengeluaran, atau transaksi yang berulang-ulang sedangkan jurnal umum mencatat transaksi yang tidak dapat dimasukkan di jurnal khusus

-       Melakukan pencatatan buku besar yang menampilkan perubahan setiap akun beserta saldonya

-       Menguji nilai kredit dan debet melalui neraca saldo yang belum disesuaikan guna mengecek jika ada kesalahan

-      Membuat jurnal penyesuaian pada akhir periode akuntansi guna memperbarui akun-akun yang ada pada laporan keuangan

-   Kecocokan nilai kredit dan debit diuji lagi setelah penyesuaian menggunakan neraca saldo disesuaikan

-        Membuat laporan keuangan yang meliputi laporan laba rugi, perubahan ekuitas, neraca, dan arus kas.

-  Guna mempersiapkan periode selanjutnya, akun sementara dilakukan penutupan dengan menggunakan jurnal penutup.

laporan keuangan umkm, laporan keuangan usaha kecil


Pembukuan akuntansi dengan sistem digital

Jika anda merasa usaha anda masih belum cukup besar, dan proses pembukuan yang tampak cukup rumit. BukuKas dapat membantu anda dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan secara digital. Banyak fitur-fitur yang disediakan mulai dari mencatat transaksi penjualan, pengeluaran, hutang piutang, invoice digital, dan masih banyak lagi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi semacam ini memang sudah banyak beredar namun sebagian masih dapat digunakan secara terbatas atau menerapkan pembelian didalam aplikasi, namun BukuKas didesain buat toko online gratis. Segala fitur yang disediakan dapat diakses dengan cuma-cuma, mulai dari pencatatan hingga pembuatan laporan keuangan dan penghitungan secara otomatis.

Aplikasi ini memang diluncurkan untuk segala tipe usaha dan bisnis, membantu para pengusaha  dan menjadi solusi bagi mereka yang kurang memahami akuntansi UKM agar dapat menganalisis perkembangan dan kinerja bisnis mereka.


sources: https://www.bukukas.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments