Hal yang harus dilakukan bila si kecil Diare

Anak kita diare?? Hal yang harus dilakukan bila si kecil Diare. Sebelum panik menghadapi gejala sakit Si Kecil, simak tips berikut ini. Kumpulkan semua bahasannya untuk  pengetahuan Anda.

Definisi
Jika Si Kecil buang air besar (BAB) lebih dari 3 kali dalam sehari dan feses yang dikeluarkan encer, ia mungkin terserang diare. Berdasarkan waktu sakitnya, diare terbagi atas diare akut dan kronis. Diare akut terjadi selama 1 hingga 2 hari. Sedangkan diare kronis bisa terjadi sampai lebih dari 3 minggu.

buang air besar


Gejala
Gejala umum diare adalah BAB lebih dari 3 kali dalam 1 hari. Feses yang dikeluarkan cair, berlendir, dan berbau sedikit menyengat. Kadang, diare disertai juga dengan muntah dan iritasi di bagian dubur.
Diare dapat menyebabkan turunnya berat badan dan dehidrasi. Pada anak-anak, dehidrasi adalah bahaya yang harus diwaspadai. Biasanya, diare kronis dialami oleh anak berusia 3-4 tahun dan menjadi penyebab kematian terbesar balita di dunia.
Penyebab
Diare umumnya disebabkan oleh kuman (virus, bakteri, dan parasit) yang mencemari makanan. Kuman bisa menempel di sela kuku atau kulit dan berpindah ke orang lain melalui makanan. Masa inkubasi tergantung kepada jenis kuman yang mencemari.
Diare juga bisa disebabkan oleh makanan. Makanan yang bersifat pencahar, misalnya buah segar, buahbuahan kering, jus buah terutama apel, pir, plum, dan anggur menyebabkan feses lebih lembek. Makanan yang mengandung pemanis buatan seperti sorbitol dan manitol (misalnya permen karet) dan makanan pemicu alergi, misalnya susu dan cokelat pun bisa menyebabkan diare. Bisa juga disebabkan oleh obatobatan, terutama antibiotik, dan masalah kesehatan lain, misalnya infeksi pernapasan atas atau infeksi telinga, kelenjar tiroid yang terlalu aktif, cystic fibrosis, celiac disease, dan kekurangan enzim pencernaan.


Yang harus kita lakukan
Mencuci tangan setelah aktivitas buang air, sebelum, dan setelah makan telah terbukti mampu menekan kasus diare.
Berikan Si Kecil minum dalam jumlah banyak untuk menggantikan cairan yang hilang atau oralit untuk mencegah dehidrasi. Oralit menggantikan karbohidrat, elektrolit atau ion, dan mineral yang hilang akibat diare.


Hubungi dokter
Sebenarnya, diare bisa sembuh secara alami asal pasien tetap mendapat cukup cairan. Anda harus membawa Si Kecil ke dokter jika ia diare lebih dari 24 jam, disertai muntah dan BAB yang sangat cair atau disertai darah, demam lebih dari 38ÂșC, kondisi tubuh lemah, mata menjadi cekung, dan ubun-ubun kepala melunak. M&B

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment

kalo sampe muntah muntah gitu, mending langsung aja ya dibawa ke dokter soalnya taku sikecil jadi kenapa napa :)

Balas