4 Fakta mengenai Obesitas

Beberapa waktu yang lalu kita dihebohkan dengan kisah anak kecil yang mengalami obesitas di daerah Jawa Barat. Ternyata, menurut jurnal kesehatan Inggris, The Lancet, Indonesia masuk peringkat 10 obesitas tertinggi di dunia. Berikut beberapa fakta tentang obesitas



kegemukan



1. Dipengaruhi 3 faktor
Obesitas ternyata dipengarahui oleh beberapa hal yakni faktor genetik, lingkungan dan juga psikis. Bila orang tua mengalami obesitas, biasanya kita cenderung terkena hal yang sama. Selain itu emosi seseorang juga mempengaruhi opla makan. Kalau sedang emosi, pelampiasannya jadi ke makanan.


2. Akibat Modernisasi
Kemajuan teknologi membuat aktivitas manusia jadi sangat terbantu. Kita tak perlu repot harus banyak bergerak, hanya tinggal menggunakan alat bantu tertentu, pekerjaan kita akan jadi semakin mudah. Akibatnya, kita jadi jarang bergerak dan beraktivitas. Hal ini menyebabkan kalori yang masuk ke tubuh tak seimbang dengan kalori yang terbakar. Dan lemak pun akan semakin menumpuk.
3. Lebih banyak diderita wanita
Sebuah artikel di National Geographic mengungkapkan di negara berkembang seperti Indonesia, obesitas lebih banyak diderita oleh sebagian besar wanita. Karena para perempuan dituntut mampu mengerjakan banyak hal. Sehingga tak ada waktu untuk mengelola berat badan dan berolahraga secara rutin.


4. Pemicu berbagai penyakit
Obesitas bisa memicu berbagai datangnya penyakit serius. Mulai dari gangguan otak, penyakit jantung, hipertensi,  gangguan saluran pernafasan, diabetes bahkan kanker. Tidak hanya penyakit fisik, obesitas juga bisa membuat seseorang terkena penyakit mental, seperti depresi dan stres.



sources: (gambar)
http://obatobesitas.com/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

4 comments

untung ada penjelasan yang membuat saya tenang dan kembali nyantey kaya dipantey...kenapa, coba?
soalnya ada penjelasan kalau obesitas itu banyak diderita oleh kaum wanita..sih

Balas

yang pria juga banyak mang

Balas

Sampe masuk peringkat 10 pndrita obesitas terbanyak didunia, gila!

Balas

obesitas juga dapat menyebabkan kematian? wadduh harus lebih rajin lagi berolahraga yah kang :)

Balas