6 perusahaan dengan himbauan shalat kepada karyawannya

Perusahaan yang menghimbau karyawannya sholat tepat waktu.
Shalat adalah tiang agama, dalam agama Islam, ibadah shalat merupakan ibadah wajib dan penting bagi setiap muslim. Sangat disayangkan sekali apabila kita mendengar di beberapa perusahaan yang melarang karyawannya untuk shalat, namun ada beberapa perusahaan yang justru memerintahkan atau menghimbau kepada seluruh karyawannya agar taat beribadah salah satunya shalat. Berikut adalah perusahaan perusahaan yang menghimbau karyawannya untuk shalat.



1. PO. Haryanto
PO Haryanto perintahkan sholat
Perusahaan yang bergerak di bidang transportasi ini bernama PO Haryanto, Perusahaan ini mengeluarkan peraturan melaksanakan shalat 5 waktu bagi karyawannya dan memberikan kesempatan shalat kepada para penumpang. 
Nama PO Haryanto sendiri diambil dari nama pemilik perusahaan yaitu Bapak Haji Haryanto. Pria kelahiran Kudus yang juga mantan anggota TNI ini merupakan murid (alm.) KH Ahmad Basyir, ulama kharismatik Nahdlatul Ulama yang menjadi pengasuh Ponpes Darul Falah Jekulo Kudus Jawa Tengah. Kini, santri (alm.) KH Ahmad Basyir itu dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses di bidang otobus yang merintis perusahaannya dari kecil. 
Haji Haryanto menyadari bahwa keberhasilan usahanya tidak lepas dari campur tangan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Itulah sebabnya, PO Haryanto senantiasa memperhatikan dan memberikan kesempatan bagi para penumpangnya untuk melaksanakan ibadah shalat 5 waktu. 


2. PT. Pembangkit Jawa Bali
surat edaran sholat oleh anak perusahaan PLN
Salah satu anak perusahaan PLN yakni PT. Pembangkit Jawa Bali mewajibkan karyawannya untuk shalat tepat waktu.
Perintah itu dituangkan dalam surat edaran Nomor 001.K/012/DIR/2016 tentang salat tepat waktu bagi karyawan dan karyawati di lingkungan PT Pembangkit Jawa-Bali. Dalam surat itu meminta seluruh karyawan meninggalkan pekerjaannya untuk melaksanakan ibadah.
Surat edarat tersebut ditandatangani langsung oleh Plt Direktur Utama Iwan Agung Firstantara, yang diterbitkan sejak 5 April lalu. Berikut kutipannya:
"Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, maka dengan ini kami menghimbau kepada seluruh karyawan dan karyawati di Lingkungan PT Pembangkitan Jawa Bali yang beragama Islam agar dapat menghentikan seluruh aktivitas masing-masing ketika adzan telah berkumandang, untuk kemudian segera melaksanakan shalat berjamaah di masjid atau mushola terdekat (kecuali dalam kondisi urgen atau darurat dan atau pekerjaan yang bersifat Operator.
Diharapkan kepada seluruh karyawan dan karyawati untuk melaksanakan himbauan ini dengan sebaik-baiknya, mengingat dengan pelaksanaan shalat tepat waktu dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT yang pada akhirnya meraih keberkahan untuk PT Pembangkitan Jawa Bali.
Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan keberkahan, rahmat dan ridhanya kepada kita semua."
3. PT. Telkom Indonesia
surat edaran himbauan sholat oleh GM Telkom Indonesia

Adalah General Manager PT. Telkom untuk area Jakarta Barat yang membuat Surat Edaran bagi seluruh karyawan/ti agar melaksanakan shalat fardhu secara berjamaah dan di awal waktu.
Surat edaran itu diunggah pertama kali oleh seorang karyawan PT. Telkom, Gatot Imam Sukoco ke media sosial pada Jumat (04/09/2015). Dalam surat yang ditandatangani oleh GM Witel Jakarta Barat, Dwi Pratomo Juniarto itu disampaikan himbauan agar seluruh karyawan menghentikan segala aktifitas operasional saat azan berkumandang kecuali yang bersifat darurat.
“Dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan, ketaqwaan dan untuk mengimplementasikan budaya TTW (The Telkom Way) khususnya membentuk SDM Telkom yang memiliki karakter Ihsan, maka dengan ini kami menghimbau kepada seluruh karyawan dan mitra kerja Telkom Group Jakarta Barat khususnya Muslim bisa menghentikan seluruh aktifitas masing-masing ketika Adzan telah berkumandang untuk kemudian segera melaksanakan Shalat Berjamaah di Mesjid atau Mushola (kecuali dalam kondisi darurat),” bunyi Surat Edaran tersebut.


4. PT. Pertamina
surat edaran perintah sholat oleh GM pertamina
Surat edaran oleh GM Pertamina atas himbauan shalat tepat waktu ini ditanggapi positif oleh karyawan PT. Pertamina. Banyak pegawai Pertamina EP yang menshare surat edaran tersebut ke Wall Facebook. Mereka sangat bangga akan kebijakan yang diambil oleh GM Pertamina tersebut.
Disaat rakyat dipertontonkan oleh aksi mulut kotor Pemimpinya dan pernyataan yang melecehkan syariat Islam, masih banyak pemimpin pemimpin yang jauh dari pencitraan Media Partisan namun bekerja lebih baik dari Pemimpin yang di ”jual” media.
Aksi GM pertamina tersebut dilanjutkan oleh SPBU yang berada diwilayah Kalimantan, PT Putri Fajar Sukses Mandiri adalah sebuah SPBU yang menerapkan syariat islam di kabupaten balangan Kalimantan Selatan


5. PT Artha Mas Graha Andalan
slogan utamakan sholat dan keselamatan kerja
Perusahaan konstruksi pada umumnya menggunakan slogan 'Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja'. Namun pabrik konstruksi baja milik Budi Harta Winata (39) berbeda. Prinsipnya adalah 'Utamakan Salat dan Keselamatan Kerja'.
Dua pesan bijak itu terpampang di alat berat, lokasi proyek sampai workshop milik Budi. Bukan hanya jargon, namun Budi dan para pegawainya benar-benar menerapkan prinsip tersebut.
Budi membuat slogan 'Utamakan Salat dan Keselamatan Kerja'. Baginya, segala sesuatu harus berpegang pada Allah. Sambil tentunya membuat usaha yang bermanfaat bagi orang banyak dan jujur.
"Kalau kita berguna untuk satu orang, maka rezeki kita cuma untuk satu orang. Tapi kalau kita berguna bagi 1.000 orang, rezeki kita juga sebesar 1.000 orang," terangnya.


6. PT Putri Fajar Sukses Mandiri
SPbu tutup ketika waktu sholat datang
SPBU tutup ketika waktu shalat datang. 
Seperti dikutip dari WesalTV, SPBU yang terletak di Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan, SPBU ini selalu menghentikan waktu operasional bila memasuki waktu shalat. Mereka memampang tulisan 'Maaf sedang sholat berjama'ah, kurang lebih 20 menit'.
Para pelanggan tidak kecewa dengan aktifitas rutin ini. Malah mushalla SPBU tidak mampu lagi menampung pelanggan yang ikut shalat berjama'ah, sehingga akhirnya ditambah bangunan di sebelah mushalla. Para netizen berharap hal ini menjadi contoh buat SPBU ataupun perusahaan agar mendapatkan penghasilan yang lebih berkah.

Mendirikan shalat sudah menjadi rutinitas muslim, karena memang itu salah satu hal yang wajib dari perintah wajib lainnya yang harus ditunaikan. Begitu pentingnya shalat ini sehingga tidak ada ruang untuk kita melalaikannya.

sources:
http://www.muslimedianews.com/
http://www.merdeka.com/
http://makassar.tribunnews.com/
http://www.cekdot.com/
http://www.voa-islam.com/
http://news.detik.com/
https://hello-pet.com/
http://www.alamislam.com/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

4 comments

Tapi aku masih ingat, karyawan ijinnya sholat tapi sebenarnya cuma ingin istirahat tidur. Mirip aku dulu :)

Balas

5 perusaan yang bagus itu, patut ditiru perusahaan-perusahaan lainnya

Balas

setuju banget nih sama slogan-slogan di atas.. jangan sampai lupakan sholat demi mengambil secuil rupiah :P

Balas

sholat yang memang menjadi kewajiban umat muslim seyogyanyanya juga jadi wajib bagi perusahaan memintakan seluruh karyawannya untuk tidak meninggalkan sholat...keren euy

Balas