Sinopsis Shutter (2004)

Sinopsis Film Shutter (2004)
She never leaves you

Assalamu alaikum, Wr. Wb.

Ini kali pertama aku nulis sinopsis film horror, kali ini film Horror Thailand, sinopsis film Shutter dari Thailand yang dirilis tahun 2004. Klo nonton film ini jadi inget game Fatal Frame, game Playstation bergenre horror yang memakai kamera untuk melihat hantunya. Hampir sama di film Shutter ini, di film Shutter mereka menggunakan kamera untuk memecahkan semua teka teki dan misteri. 

Judul: Shutter
Sutradara: 
Banjong Pisanthanakun
Parkpoom Wongpoom
Artis:
Ananda Everingham
Natthaweeranuch Thongmee
Achita Sikamana
Genre: Horror Thailand
Negara: Thailand
Bahasa: Thailand

Shutter 2004
gambar dari wikipedia

Awal cerita Tun (Ananda Everingham) ditemani oleh kekasihnya Jane (Natthaweeranuch Thongmee) menghadiri pesta pernikahan temannya, ketika perjalanan pulang Tuna dan Jane menabrak seorang wanita. Hal ini membuat shock mereka berdua, Tun menyuruh jane untuk terus jalan meninggalkan korban kecelakaan tersebut. Sejak saat itu, Tun dan Jane mulai dihantui oleh sesosok hantu wanita. 

Jane merasa bersalah karena menabrak seorang wanita kemudian kabur begitu saja terus menyalahkan Tun yang bersikap seolah tak terjadi apa apa. Profesi Tun sebagai seorang fotografer mulai mendapati berbagai keanehan seperti hasil fotonya yang tak jernih karena muncul bayangan putih di fotonya dan juga mucul sesosok penampakan aneh seorang wanita di antara para wisudawan yang di foto oleh Tun. Dan beberapa kejadian mengerikan mulai menimpa Tun dan Jane, mereka berdua mencoba mencari informasi tentang wanita yang ditabraknya, tapi hasilnya nihil, justru tidak ada laporan tentang wanita yang mengalami kecelakaan saat Tun dan Jane menabrak wanita tersebut. 

Mungkin karena kecelakaan yang dialaminya, Tun terus merasakan rasa sakit pada lehernya, Tun pun berobat ke doker, namun dokter mengatakan bahwa leher Tun tidak ada gangguan atau penyakit apa pun. Keesokannya Tun mendapat kabar bahwa teman temannya telah meninggal akibat bunuh diri. 

Karena penasaran dengan keanehan pada foto foto nya Tun, Jane ingin menyelidiki tentang siapa sebenarnya wanita itu, Jane menemukan adanya keanehan pada foto foto itu, dan keanehan tersebut menunjuk ke salah satu ruang kelas di kampus tempat Tun kuliah, dan ruangan tersebut adalah ruang kelas biologi, diruangan itu Jane lagi lagi dihantui oleh sesosok hantu wanita. Sejak itu Tun dan Jane akhirnya mengetahui bahwa hantu wanita itu bernama Natre, mantan kekasihnya Tun yang meninggal akibat bunuh diri. Tun bercerita kepada Jane tentang kisahnya bersama Natre.

Keesokannya Tun dan Jane pergi ke tempat tinggalnya Natre dan menemui ibunya Natre, mereka terkejut ketika mendapati mayat Natre yang belum dikremasi, Jane membujuk ibunya Natre untuk mengkremasi mayat Natre, agar arwahnya tenang ibunya Natre akhirnya mau mengkremasi mayat Natre dan mendoakannya. Tapi ternyata belum berakhir disitu saja, Natre masih terus menghantui Tun dan Jane, hingga suatu malam akibat terus dihantui Natre, Tun jatuh tergelincir dari lantai 4, untungnya nyawanya masih dapat tertolong. 

Masih terus dihantui, Jane mendapati keanehan pada foto foto miliknya, Jane akhirnya menyadari adanya petunjuk dari misteri di dalam foto itu, benar saja, petunjuk tersebut mengarahkan Jane ke rak buku milik Tun, di rak buku itu Jane menemukan negatif film milik Tun, dan ketika Jane mencuci foto negatif film tersebut, barulah Jane mengetahui kenyaatan sebenarnya tentang kisah Natre dan Tun adalah sebuah tragedi. Merasa kecewa karena selama ini telah dibohongi oleh Tun, Jane akhirnya pergi meninggalkan Tun. Dan lewat sebuah foto, Tun yang frustasi karena terus dihantui akhirnya menyadari apa yang sedang menimpa dirinya.


My opinion: sinopsis film horror Thailand, Shutter 2004
pokoke rekomended buat para pecinta film horror, meski banyak adegan adegan mainstream, secara keseluruhan Shutter menyajikan nuansa horror murni yang bisa membuat kita merinding.
Film Shutter yang cukup sukses di Thailand ini ternyata juga diminati oleh pecinta film horror di berbagai negara. Film shutter pun di remake ke berbagai versi seperti versi Hollywood dengan judul yang sama Shutter pada tahun 2008 dan versi Bollywood dengan judul Sivi pada tahun 2007.

referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Shutter_(2004_film)

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

24 comments

wah mantap ini mb pasti seru ya :) hehehehe

Balas

ini film lama yg cukup greget untuk ditonton ya mbak

Balas

wah saya takut gan..., film horor, tapi kalau cuma sinopsi saya siap baca deh. menurut saya film horor di Thailand tidak kalah dengan yang di Indonesia.

Balas

saya belum pernah nonton bu movie nya :)

Balas

Pernanh nonton film ini dan beneran emang serem :)

Balas

eh.. film horor, kali ini aku pass, gak suka banget horror akuh :D
pernah nonton maksain.. malah ngeganjel rasanya

Balas

ini film padahal udah agak lama ya mbak tapi saya gak tau lho, kenapa coba?

Balas

begitu juga dengan saya kang

Balas

Film horror??
harus coba tonton juga nih, asal cuma horor gak ada unsur triler'a :D

Balas

iy mas, mpe gregetean nontonnya, hihi

Balas

justru menurutku, sereman film Thailand mas^^

Balas

Kalo ngomongin horor Thailand, film Shutter emang juaranya. Saya tahu tentang horor Thailand justru dari nonton film ini, yang saya akui, emang top horornya, beda sama horor lokal. Saya dulu nonton ini bareng keluarga di rumah, dan dibuat merinding sama alur penceritaannya. Overall, film ini bagus, plus ada twist di endingnya yang bikin makin bagus, dan membuat kita akhirnya mikir, "Oh, jadi penyebabnya itu...?" :D

Oya, film horor Thailand lain yang keren menurut saya adalah "Coming Soon".

Balas

ahihi, ga suka horor ternyata

Balas

yap, coba tonton mas, seru banget

Balas

yap, cooming soon juga keren mas, sinopsis nya nyusul^^

Balas

Sinopsisnya jangan lupa ya min

Balas

mba kalo mau nulis sinopsis ga gini, ini mah sama aja spoiler, kasian buat yang belom nonton, nyari sinopsis malah dapet spoiler..
#sekedarkritik

Balas