Sinopsis Il Mare

Sinopsis Il Mare
Cinta di Kotak Surat

Assalamu alaikum, Wr. Wb.

Kali ini aku mau nulis sinopsis Il Mare tahun 2000, iyap, Il Mare merupakan K-Movie bergenre drama romantis. Meski film nya udah lama banget tayang, tapi film romantis Korea yang satu ini benar benar memiliki cerita yang unik banget. 
Keunikan cerita dalam film Il Mare ini menceritakan tentang kisah cinta yang terpisah karena perbedaan waktu, si cowok berada di tahun 1998 dan si cewek berada di tahun 2000. penasaran bagaimana kisahnya?? ^^


Judul: Il Mare
Sutradara: Lee Hyun-seung
Genre: Drama Romantis, Fantasy
Artis:
Jun Ji-hyun
Lee Jung-jae 
Tahun Rilis: 2000
Negara: Korea Selatan
Bahasa: Korea Selatan

Il Mare
sumber gambar: https://en.wikipedia.org

Il Mare merupakan nama dari sebuah rumah yang terletak di pinggir pantai, oleh Sung Hyun (Lee Jung-jae) rumah ini diberi nama Il Mare yang artinya Laut (dalam bahasa Italia). Awal kisah ini dimulai saat Eun Joo (Jun Ji-hyun) hendak meninggalkan rumah Il Mare beberapa hari sebelum pergantian tahun baru milenium 1999-2000, Eun Joo meninggalkan sepucuk surat yang memberitahukan bahwa Eun Joo sudah tidak tinggal di Il Mare lagi, dia pindah ke sebuah apartemen dan Eun Joo juga meninggalkan alamat barunya di surat itu, surat tersebut ditujukan untuk penghuni baru di Il Mare bahwa Eun Joo sedang menunggu kiriman surat dari seseorang, dan bila surat itu datang, Eun Joo minta tolong kepada penghuni baru Il Mare agar surat itu dikirim ke alamat baru Eun Joo.

Kemudian Sung Hyun penghuni baru Il Mare pun datang dan membuka kotak surat yang berada di depan Il Mare, Sung Hyun bingung ketika dia membaca surat tersebut, Il Mare adalah rumah yang dibangun oleh bibinya Sung Hyun, yang tinggal pertama di Il Mare adalah Sung Hyun dan yang memberi nama Il Mare pun Sung Hyun, tapi mengapa dalam surat tersebut menunjukkan seolah ada penghuni Il Mare sebelumnya dan tertulis disurat itu juga tahun 1999. Sung Hyun pun membalas surat tersebut, dalam suratnya Sung Hyun mengatakan bahwa sekarang adalah tahun 1997, dan akhirnya Sung Hyun dan Eun Joo pun berkomunikasi lewat surat menyurat.

Dalam surat berikutnya Sung Hyun bertanya kenapa Eun Joo tahu bahwa nama dari rumah itu adalah Il Mare, Eun Joo pun membalasnya bahwa nama rumah tersebut sudah bernama Il Mare ketika pertama kali Eun Joo datang ke rumah itu dan tinggal disana. Dan Eun Joo pun tidak bercanda dengan tahun dimana ia tinggal, Eun Joo serius bahwa sekarang adalah tahun 1999, dan Sung Hyun pun tidak bercanda juga, dia yakin bahwa sekarang adalah tahun 1997, Eun Joo mengirim surat mengatakan "aku berharap Sung Hyun tidak berasal dari tahun 1997". Beberapa hari kemudian setelah malam pergantian tahun, Eun Joo mengirim surat lagi yang mengatakan bahwa di tahun 1998 akan turun salju lebat dan ada wabah flu yang sangat parah, benar saja, malam bulan Januari tahun 1998 turun salju yang sangat lebat dan Sung Hyun pun terserang flu yang sangat parah, Saat itu mereka baru menyadari bahwa mereka terpisah oleh waktu, atau lebih tepatnya mereka berada di dua waktu berbeda, Sung Hyun berada di tahun 1998 dan Eun Joo berada di tahun 2000, atau yang lebih tepatnya lagi Eun Joo berada di masa depannya Sung Hyun, begitulah kira-kira^^. *unik kan kisahnya, hihi.

Oh iya, dalam surat pertama Eun Joo menulis bahwa di Il Mare ada jejak kaki di lantai yang tak bisa dihapus oleh Eun Joo yang ternyata itu adalah jejak kaki Cola (anjing peliharaan Sung Hyun), yang ternyata Cola merupakan anjing peliharaan milik Eun Joo juga, bingung kan, aku juga, haha..

Waktu pun berlalu, Sung Hyun dan Eun Joo terus berkomunikasi lewat surat menyurat, selidik punya selidik, Eun Joo curiga bahwa kotak surat di depan Il Mare lah yang menjadi mesin waktu, kali ini bukanlah surat yang dikirim Eun Joo, tapi sebuah benda mati, Eun Joo memasukkan sebuah bando ke dalam kotak surat tersebut, dan jreenngg, bando itu hilang. Sung Hyun yang membuka kotak surat pun kaget ternyata isinya adalah sebuah bando. Akhirnya mereka percaya bahwa mesin waktu yang membuat mereka bisa berkomunikasi adalah kotak surat Il Mare. Dari saat itu mereka semakin akrab dan sering curhat, kali ini bukan benda mati, melainkan benda hidup yang dikirim oleh Eun Joo, yakni ikan, dan begitu ikan tersebut sampai ke tangan Sung Hyun, dan jreenggg, ikan tersebut masih hidup. Eun Joo bercerita tentang dirinya dan mantan kekasihnya yang pergi meninggalkannya. 

Di suatu hari Eun Joo memnita tolong kepada Sung Hyun bahwa Eun Joo kehilangan walkman milik temannya di tahun 1998, Eun Joo minta tolong kepada Sung Hyun untuk menemukan walkman tersebut, disinilah Sung Hyun akhirnya melihat Eun Joo di tahun 1998, sayangnya Eun Joo tak melihat Sung Hyun dan buru buru naik kereta api, Sung Hyun pun mengembalikan walkman yang dicari oleh Eun Joo di tahun 2000. bingung kan??? aku ga tuh...

Pada suatu surat Eun Joo mengajak Sung Hyun ketemuan di tahun 2000 di sebuah pantai. Tanggal ketemuan jatuh pada tanggal 11 Maret 2000, Eun Joo hanya membutuhkan waktu seminggu lagi ke tanggal tersebut sedangkan Sung Hyun masih harus menunggu 2 tahun lagi ke tanggal yang ditentukan itu. Eun Joo mengirimkan foto foto pantai tempat mereka ketemuan dan mengatakan bahwa Eun Joo ingin tinggal di pantai tersebut. 

Hari H pun tiba, 11 Maret 2000 Eun Joo bersiap pergi ke pantai untuk bertemu dengan Sung Hyun di tahun 2000, sebelum tiba di pantai, Eun Joo melihat ada sebuah rumah yang sedang dibangun, dia diberitahu oleh salah seorang kontraktornya bahwa arsitek yang merancang rumah ini membangunnya untuk dipersembahkan kepada seseorang yang dicintainya. Eun Joo pun tiba dipantai dan menunggu kedatangan Sung Hyun, tapi Sung Hyun tidak datang, Eun Joo pun bertanya kenapa Sung Hyun tidak datang, Sung Hyun pun kebingungan kenapa dia tidak datang dan lagi tidak mungkin Sung Hyun melupakan janji yang sangat penting itu. kalian bingung ga??? kok aku bingung yahh..

Beberapa hari kemudian Eun Joo bertemu dengan mantan kekasihnya, dia curhat ke Sung Hyun bahwa dia masih belum bisa melupakan mantan kekasihnya. Eun Joo meminta tolong kepada Sung Hyun di tahun 1998 agar membujuk mantan kekasih Eun Joo untuk tidak pergi ke luar negeri. Saat itu Sung Hyun yang telah jatuh cinta kepada Eun Joo pun bersedih dan patah hati, dia mencoba menemui Eun Joo di tahun 1998 di stasiun kereta, namun saat itu Eun Joo tidak mengenali Sung Hyun, dan Sung Hyun berkata dalam hati "apakah aku orang asing bagimu". Akhirnya Sung Hyun menyanggupi permohonan Eun Joo, yakni menolongnya dengan membujuk mantan kekasih Eun Joo untuk tidak pergi ke luar negeri. 

Membaca surat terakhir dari Sung Hyun, Eun Joo mencoba menemui Sung Hyun dengan mendatangi kampus tempat Sung Hyun kuliah, saat itulah Eun Joo baru menyadari tentang kenyataan yang terjadi, alasan kenapa Sung Hyun tidak datang dihari yang mereka tentukan adalah kesalahan dari Eun Joo sendiri. Eun Joo pun bergegas mencoba memperbaiki kesalahannya dengan mengirim surat kepada Sung Hyun dan mangatakan agar Sung Hyun tidak menyanggupi permintaan Eun Joo dan jangan datang ke tempat perpisahan antara Eun Joo dan mantan kekasihnya.., bagaimana kisah selanjutnya?? apakah Sung Hyun datang untuk menolong Eun Joo?? apakah Sung Hyun dapat bertemu dan bersama dengan wanita yang dicintainya yakni Eun Joo... ditonton aja yak ^_-



My Opinion:
Setelah nonton berulang kali, akhirnya aku bisa mengerti alur ceritanya, hihi T_T.
Menurut aku film Il Mare ini film yang ide cerita nya unik banget, jarang aku temui storyline seperti film Il Mare ini, pokoknya romantis abiss & so sweat deh, really a beautiful storyline^^.
Penampilan Jun Ji-hyun dan Lee Jung-jae pun sangat optimal, terlebih Lee Jung-jae <3 ^^. 
Oh iya, setelah aku baca lagi, film Il Mare ini ternyata di remake ulang versi Holywoodnya berjudul The Lake House tahun 2006 yang dibintangi oleh Sandra Bullock dan si ganteng Keanu Reaves.


referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Il_Mare

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

28 comments

Kurang suka film koreaaaa :( yg paling aku suka waktu itu film boys before flowers hehe. Sama yg kawin kontrak itu loh

Balas

langsung saya simak sinopsisnya..cukup romantis sih ...jadi pingin liat film2 romantis biar jadi orang yg romantis :D

Balas

kebalikannya...kalau sy suka film kore..yang g suka itu waktu ndonloadnya. jadi harus nunggu tersedia di warnet, biar g usah ndonlod :D

Balas

Paling ngeselin itu kalao sudah terbawa cerita, yeaaah dipotong dan bikin penasaran...bisikin dooong akhir ceritanya :D

Balas

film korea aku banget atuh, pemainnya keren-keren. dan aku tahu Jun Ji-hyun si cantik kayak dirikuh.. xixi

Balas

kalo saya suka suka juga tapi saya ga sering nonton juga toh :)

Balas

mantap ini dari judul nya mb Il Mare,apalagi letak rumahnya dipinggiran pantei dengan menikmati gemuruh ombak, hehehe kok lari dari bahasan ya :) hiks hiks

Balas

iya teh, rata rata para wanita lebih suka ke flm kore tuih, buktinya disaya aja ini

Balas

Ini keknya remake dari film jepang deh. Ceritanya mirip, trus diremake lagi sama hollywood, yang main sandra bullok sama keanu reeves. Agak mirip..

Balas

Ini pliharaan siapa.. cole.. bingung juga..

Dramanya dramatis.. dateng keampus, Pake surat, romantis... :-)
Sayangnya berepisode episode bikin geregetan nontonnya..-#-

Balas

Aku sukaaaa banget Lake House, nonton sampai berkali-kali. Gak tau deh kalau versi Koreanya bakalan suka atau gak, hehehe :)

Balas

Kurang cantik nih pemeran utama cewe'a :D

Balas

pada ga suka nonton film Korea T_T

Balas

klo sinopsis ga boleh bawa bawa ending mbak (kode etik)

Balas

aih teteh, Jun Ji-hyun kan mirip diriku^^

Balas

rumahnya keren mas, coba deh kesana sambil lihat lihat ^_^

Balas

klo yang versi Jepang aku ga tau mbak, klo versi Hollywoodnya The Lake House

Balas

ini yang versi movie nya mbak Arum, cuma iya alurnya bikin bingung, ahaha

Balas

The lake House aq malah belum nonton, hihi

Balas

iy yak, masih cantikan aq kan ^^

Balas

Mau donk diceritain langsung soal film ini,,,hehehehe
#Ngarep

Balas

Thankyou sinopsisnya!!! Wah akuu pgn bgt nntn. Aku suka skalii sama film2 dan drama korea yg sdh jadulπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† latar2 film dan drakor thn 2000an tuh keren2. baguss bgttt romantiss liat aja latar tempatnya maa shaa Allah cantik skaliii. Kualitasnya jg okee. alurnya gangebosenin seruu

Balas

apa hanya kebetulan ya, jalan ceritanya 90% sama dengan film The lake house

Balas

Il mare,,,,
ya ya , film yg agak membingungkan,tapi cukup sedih :*(
film ini berlanjut dengan windstruck, walaupun tidak ada kaitannya tapi, pemainnya sama, ganteng dan cantik,
lalu di sambung lagi dengan my sassy girl,
ini yg paling keren menurutku, romantis sekaligus lucu,,,

Balas

πŸ˜‚ ini udah kesimpen lama banget akhirnya malam ini ditonton juga,, gagal paham sih,, cuma terasa baper😒

Balas

Ga tau deh bakal kaya gimana kalo ga baca sinopsis ini πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Balas

"bisa mengenal mu adalah kebahagiaan ku"...
film cowo romantis ��

Balas