Porsche 550 Spyder, ikon abad 20 dan mobil sport legendaris

Banyak mobil sport yang diminati orang, namun mobil sport yang memiliki kisah dibelakangnya sangatlah sedikit. Porsche 550 atau dikenal dengan nama Porsche Spyder adalah mobil sport idaman setiap orang. Mobil sport Porsche 550 Spyder sudah menarik perhatian orang sejak pertama kali diluncurkan ke jalanan. Namun mobil ini baru mendapatkan popularitas luasnya ketika James Dean memiliki mobil ini. 





James Dean adalah salah satu pemilik dari 100 unit pertama mobil Porsche 550 Spyder. Ia menamakan mobilnya "Little Bastard" yang akhirnya membawa aktor muda itu menemui ajalnya pada 30 September 1955. James Dean memperoleh Porsche 550 Spyder ini baru sembilan hari sebelum kecelakaan dengan menukarkan Porsche Super Speedster 356 miliknya pada Competition Motors. Rencananya mobilnya itu akan diikutkan pada Salinas Road race pada tanggal 1 Oktober 1955. 

porsche 550 spyder


Mobil sport ini lahir terinspirasi oleh Porsche 356 yang lahir dari Ferry Porsche. Prototipe Porsche 550 Spyder ini sejak tahun 1951 dibangun olehh Walter Glockler. Sejak tahun itu pabrik mobil sport ini mendesain mobil yang dipakai untuk balapan. Porsche 550 Spyder diperkenalkan pada publik tahun 1953 di Paris Auto Show. Porsche 550 Spyder pertama kali terjun ke arena balapan yakni di balapan Nurburgring Eifel pada bulan Mei 1953. Diarena balapan itu, Porsche 550 Spyder menempati urutan pertama alias jawara. Sejak saat itu kemenangan demi kemenangan selalu berada digenggaman dengan bantuan dari tim Werk Porsche. Hans Herrmann yang mengendarai Porsche 550 Spyder bernomor 41 ini selalu memenangkan balapan.
   
little bastard
James Dean and "little bastard" sebelum kecelakaan

Tercatat Porsche 550 Spyder ikut dalam 370 balapan dari tahun 1953 hingga akhir 1965 di sirkuit Eropa dan Amerika. Reputasi mobil Porsche 550 Spyder ini sebagai mobil super kencang tak bisa dibantahkan. Jelas reputasi tersebut membuat pengendaranya terkenal seperti Jack McAfee, Ken Miles, Wolfgang Seidel, Huschke Von Handtein, Helmut Glockler, Hans Herrmann dan Richard Von Frankenberg. Sirkuit sirkuit yang dilibasnya mulai dari Avus, Nurburgring, Le Mans dan Targa Florio di Eropa sampai ke Sebring, Palm Springs dan Lime Rock di Amerika. Tak mengherankan kemudian mobil ini mendapatkan julukan Giant Killer. Pada tahun 1956, Porsche 550 Spyder mengalami evolusi pada model, bobotnya menjadi lebih ringan dan sasisnya dibuat lebih kuat lagi. Hasil evolusi ini diberi nomor 550A. Dengan evolusi tersebut, mobil sport ini tak pernah mengalami kekalahan di arena balapan.






Kemudian di tahun 1957 dan seterusnya, muncul seri Porsche 718 atau yang lebih dikenal dengan nama populer RSK yang tak kalah sukses dengan Porsche Spyder. Namun produksi Porsche 550 Spyder masih terus berjalan dengan seri RS 60 dan RS 61 hingga pada awal tahun 1960-an. Kemudian penerus dari Porsche 550 Spyder ini adalah Porsche Boxter S 550 Spyder. Karena popularitas dan kekuatan Porsche 550 Spyder tak mengherankan jumlah penggemarnya tak berkurang dari generasi ke generasi. Sedangkan jumlah unit mobil ini semakin berkurang karena faktor usia. Karena banyak permintaan untuk memiliki mobil Porsche 550 Spyder ini, lebih dari 10 perusahaan modifikasi mobil sudah membuat replika dari Porsche 550 Spyder ini. Seperti Boulder Speedster, HJRkitascars (Argentina), Chuck Beck Motorsports, Chamonix do Brasil, Auto Classics dan Holmes Motor Company, serta Le Mans 550 Spyder.
     
porsche 550 spyder


Replika Porsche 550 Spyder ini memang sangat mirip dengan mobil orisinilnya. Hanya saja pada mobil replika bahan yang digunakan biasanya fiberglas dan sasis buatan, sedangkan mesin biasanya mengambil millik VW, Alfa Romeo atau Porsche sendiri. Untuk saat ini Porsche 550 Spyder adalah mobil klasik yang kerap direproduksi. Porsche 550 Spyder, ikon abad 20 dan mobil sport legendaris




sources:
Gress, edisi 14-2014
http://humaniora.uniknya.com/
http://www.dailymail.co.uk/
https://cometoverhollywood.com/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

5 comments

kereeen :)
itu CC nya 550 bukan mas?

Balas

Porsche memang legenda mobil sport, dari tahun 1955 tetap exis sampai sekarang dalam membuat mobil sport..

Balas

Wah mobilnya tua sekali yah, melebihi usia saya mobilya. saya lahir tahun 82, mobil itu tahun 55

Balas

atu lagi, karena merupakan mobil langka dan unik, pasti mobil tsb harganya mahal ya gan!

Balas

abad 20 memang abad teknologi baru salah satu icon bidang otomotif adalah Porsche 550 dan pada abad 21 ini kakaknya Porsche 551 sepertinya akan jadi icon juga deh

Balas