10 Fakta tentang newborn, bayi baru lahir

Saat Si Kecil lahir, ada banyak hal yang membuat Anda terkejut. Apa saja itu?
Berbagai buku mengenai bayi pasti telah anda baca untuk mempersiapkan kelahiran Si Kecil. Meski demikian, ada saja kejadian yang sebenarnya wajar terjadi pada bayi, tetapi membuat anda panik dan ingin segera membawa Si Kecil ke dokter. Apa saja kejadian itu? Yuk intip fakta berikut ini.


10 Fakta tentang newborn, bayi baru lahir




1. Cradle Cap
Kerak yang kerap muncul pada newborn ini memang tidak sedap dipandang. Untungnya, kerak ini akan hilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah kelahiran. Untuk membantu menghilangkan cradle cap, oleskan baby oil atau minyak zaitun. Diamkan selama 15 menit, kemudian sisir rambut Si Kecil dengan sikat halus secara perlahan.


2. Ledakan "poop"
Ya, mungkin ledakan adalah kata yang tepat untuk menggambarkan popoknya yang penuh kotoran. Teksturnya yang encer membuat kotoran mudah menyebar. Belum cukup kotor? Tunggu sampai kotorannya mencapai punggung!


3. Dada menonjol
Ingat bagaimana peningkatan hormon memengaruhi fisik dan psikis Anda? Ternyata hormon ini juga berpengaruh pada bayi. Terkadang dada Si Kecil terlihat agak menonjol akibat peningkatan hormon Anda. Tetapi jangan khawatir, tonjolan tersebut akan hilang seiring waktu.
4. Alat kelamin membengkak
Ketika pertama kali melihat Si Kecil, mungkin anda menyadari alat kelaminnya berukuran lebih besar dari yang diperkirakan. Hal ini dapat terjadi karena ia terpapar oleh hormon Anda atau karena kelebihan cairan. Jangan khawatir, cairan itu akan keluar bersama dengan urinenya dalam beberapa hari. Alat kelamin Si Kecil akan normal dengan sendirinya.


5. Bersil berulang
Seberapa sering Si Kecil bersin dalam sehari? Biasanya cukup sering hingga membuat Anda takut ia flu atau alergi. Tenang saja, bersin belum tentu tanda alergi atau ia sakit. Si Kecil masih baru di dunia ini. Bersin menjadi salah satu caranya untuk menghalau partikel yang mencoba masuk ke saluran pernapasan.


6. Suara mengerang
10 Fakta tentang newborn, bayi baru lahir
Bayi mampu mengeluarkan berbagai bunyi, mulai dari suara mengendus, mendengkur, dan berbagai suara lain yang tidak pernah anda bayangkan. Suara ini juga menjadi tanda adanya lendir di rongga hidung Si Kecil.


7. Bentuk kepala yang aneh
Terkejut dengan bentuk kepala Si Kecil yang terlihat agak rata? anda tidak sendirian, banyak ibu yang juga mengalaminya. Melahirkan membutuhkan usaha yang tidak mudah, baik untuk anda maupun Si Kecil. Kepala bayi baru lahir sangat lunak, sehingga usaha untuk keluar melalui tulang panggul menyebabkan kepalanya menjadi sedikit rata.


8. Gerakan terkejut
Gerakan menyentak dan meronta mungkin terlihat mengagetkan pada awalnya. Pada beberapa bulan awal, Si Kecil akan menghadapi berbagai perkembangan, termasuk refleks moronya. Refleks ini sering kali muncul ketika ia mendengar suara keras.


9. Darah pada popok
Seberapa pun bercak darah yang terdapat pada popok Si Kecil, pasti akan membuat Anda ketakutan. Tetapi bercak ini tidak selalu pertanda bahaya. Banyak hal menjadi pemicunya, seperti terpapar oleh hormon saat melewati bagian uterus atau gerakan usus yang dapat meninggalkan sedikit luka.


10. Mata juling
Khawatir melihat matanya yang tidak melihat ke satu arah? Jangan panik! Bayi masih memelajari berbagai kemampuan baru, termasuk indra penglihatannya. Ia membutuhkan beberapa waktu untuk memiliki kontrol pada otot dan melatih teknik fokus ke satu arah. M&B


sources:
http://www.motherandbaby.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

7 comments

saya sering lihat mas, yang no.& bentuk kepala yang aneh :D

Balas

Jadi inget, waktu anak2 baru lahir. Sedikit kelihatan aneh, langsung tanya dokter, sampe dokternya bosen ngeliat muka kami.

Balas

Jadi inget, waktu anak2 baru lahir. Sedikit kelihatan aneh, langsung tanya dokter, sampe dokternya bosen ngeliat muka kami.

Balas

Klo kerutan dikepala itu saya sring lihat di kepala bayi yg baru lahir..

Trus biasanya itu matanya juling.

Balas

Alat Kelamin ini dimananya ? Penis atau kantong penis ? Kalau kantong penis apakah akan mengecil dengan sendirinya ?
Kepala besar ini yang kadang bikin cemas orang tua.

Balas

Sangat wajar jika melihat kejadian-kejadian di atas orang tua langsung membawanya ke dokter mas :D rasa khawatir pasti akan timbul

Balas

Bayi baru lahir ternyata belum bisa netek keibunya jadi pakai susu formula dulu

Balas